Peran Keuangan Digital terhadap Perilaku Konsumtif dalam Mengadopsi Fintech Guna Mendorong Optimalisasi UMKM

Vina Ardiana, Fikrul Hakim, I Made Bayu Dirgantara, Retno Hidayati

Abstract


Perkembangan teknologi membawa transformasi signifikan dalam tatanan financial skala global. Inovasi yang dilakukan secara terus-menerus guna memberikan pelayanan yang berkualitas untuk pengguna. Cepatnya adaptasi terhadap fintech, pengguna dapat merasakan dampak peningkatan aksebilitas dan efisiensi dalam penggunaan keuangan digital. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki pengaruh dari penggunaan keuangan digital terhadap perilakukonsumtif mahasiswa manajemen Undip. Variabel yang digunakan di antaranya adalah perceived ease of use, perceived usefulness, promosi penjualan, dan perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa aktif manajemen Undip sebanyak 136 responden. Teori yang digunakan yaitu Technology Acceptane Model (TAM). Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) edisi 3. Hasil menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hal tersebut berarti semakin besar promosi penjualan yang dilakukan, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, praktisi pemasar dan juga UMKM dengan mengembangkan strategi tentang perilaku konsumtif dan hubungannya denganfaktor-faktor penentunya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.