Pengaruh Lifestyle dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scoopy di Pontianak

Yusiang Irawati Fia, Adi Mursalin, Muchammad Ariffin, Febrianawati Febrianawati

Abstract


Strategi pemasaran yang tepat dengan memanfaatkan gaya hidup dan WOM (Word of Mouth) dapat meningkatkan peluang keberhasilan produk sepeda motor matic di Pontianak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup(lifestyle) dan WOM terhadap keputusan pembelian motor scoopy di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel independen (gaya hidup dan WOM) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan data sekunder yang bersumber dari literatur, jurnal dan website. Teknik pengolahan data menggunakan analisis linier berganda. Diketahui dari hasil uji bahwa lifestyle (X1) dan WOM (X2) dalam menjelaskan dan memprediksi variabelKeputusan Pembelian (Y) sebesar 76,1%. Hal ini karena lifestyle dan WOM dapat saling memperkuat pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. semakin tingginya Lifestyle dan semakin seringnya Word Of Mouth dilakukan maka akan semakin besar keputusan pembelian. Kesimpulan akhir dari hasil penelitian menunjukkan bahwa lifestyle dan word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian motor scoopy di Pontianak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.