Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Mengambil Studi di Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Lucas Gading Putra Sayekti, Fazarina Rizkiani Ridwan, Yecita Ria, Carolina Isdiyanti, Mayla Surveyandini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap pilihan program studi yang dipilih oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Penelitian ini juga akan mengkaji bagaimana faktor-faktor seperti lokasi, produk dan pemasaran mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk mendaftar di Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Dalam penelitian kuantitatif ini melibatkan 140 mahasiswa bidang bisnis dan ekonomi Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Kuesioner disebar, dan pengambilan sampel yang tidak disengaja digunakan sebagai teknik pengambilan sampel untuk memperoleh data. Data disusun menggunakan software SPSS versi 26 di evaluasi menggunakan pendekatan analisis regresi linier berganda. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa faktorfaktor yang berkaitan dengan hasil mempunyai dampak yang signifikan terhadap keputusan siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, begitu pula dengan variabel yang berkaitan dengan lokasi dan promosi. Lebih lanjut, faktor-faktor tersebut secara signifikan sangat mempengaruhi keputusan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Hasil pengujian, dengan R-kuadrat sebesar 0,946, menunjukkan bahwa 94,6% perbedaan pilihan pendaftaran mata kuliah siswa dapat disebabkan oleh perbedaan lokasi, promosi dan materi. Variabel lain yang tidak dimasukkan dalam analisis berjumlah 0,054 atau 5,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah para dosen di Universitas Wijayakusuma, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Purwokerto perlu lebih fokus pada peningkatan kualitas layanannya, mencari lokasi strategis yang nyaman dan terjangkau, sekaligus akhtif mempromosikan programnya untuk meningkatkan pertumbuhan. Beberapa siswa memilih untuk belajar di sana.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.