PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI SUB RAYON 04 KOTA PONTIANAK

Karsim Karsim, Ikram Yakin, Pramana Saputra, Endah Mayasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah terhadap efektivitas guru dalam melaksanakan kepemimpinan pembelajaran baik secara parsial maupun bersama-sama di SMA Negeri Sub Rayon 04 Kota Pontianak. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan penelitian korelasional yang dilakukan di SMAK Kota Pontianak dengan menyebarkan kuesioner sebagai sampel kepada 140 guru. Hasil analisis menyimpulkan bahwa, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan secara parsial terhadap efektivitas guru di SMA Sub Rayon 4 Pontianak. Sig. variabel kontrol untuk transformasi adalah 0,02 < 0 > F tabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pimpinan SMA Negeri Sub Rayon 04 Kota Pontianak agar lebih meningkatkan implementasi kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah untuk secara optimal menciptakan pembelajaran yang berkualitas dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas sekolah dan kualitas pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.