Deteksi Stres Kerja pada Pegawai dan Manajemen Stres Dikaitkan dengan Strategi Koping Individu dan Peran Organisasi
Abstract
Stres kerja merupakan kondisi yang timbul akibat ketidakmampuan dalam beradaptasi dengan pekerjaan, yang berdampak pada fisik dan mental pekerja. Stres kerja yang kronik dapat memengaruhi kinerja, sehingga berdampak buruk pada produktivitas organisasi. Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan stres disebut dengan stresor. Pada lingkungan kerja, stresor ini dapat berasal dari individu itu sendiri, pimpinan, lingkungan kerja, hingga rekan kerja. Deteksi awal gejala dan tanda stres kerja baik oleh individu dan manajemen menjadi penting, untuk dapat memberikan penanganan sesegera mungkin dan menurunkan level stres, sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan organisasi. Manajemen stres individu dengan strategi koping dan dukungan dari pimpinan atau manajerial diperlukan untuk tatalaksana dan pencegahan stres akibat pekerjaan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.