SEGMENTASI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERIPIK SINGKONG RUMAH TANGGA SEBAGAI LANGKAH AWAL PENGEMBANGAN UMKM MASYARAKAT
Abstract
Penulisan ini dimaksudkan guna memahami pengelompokan target pasar atau segmentasi pasar produk keripik singkong industri rumah tangga sebagai awal pengembangan UMKM. Kriteria yang dapat digunakan untuk segmentasi ini adalah psikografis, geografis, demografis serta perilaku yang mempunyai variabel penting untuk segmentasi pasar konsumen. Keripik singkong merupakan salah satu jenis makanan dapat dijangkau dan dinikmati oleh masyarakat dari berbagai golongan baik itu golongan atas, menengah, dan rendah, makanan ini mudah dijumpai serta dipasarkan dengan harga yang terjangkau ditawarkan. Keripik singkong biasanya dinikmati atau disajikan sebagai makanan ringan pendamping nasi atau makanan ini juga siap dinikmati kapan dan di mana saja oleh para konsumen atau masyarakat cenderung menerapkan pola hidup konsumtif sehingga dengan adanya cemilan ini dapat menarik minat dan penjualan keripik singkong itu sendiri. (Ance et al., 2001)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.