Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan, Keterlibatan, dan Loyalitas Pelanggan (Sebuah Studi Literatur)

Ita Andriyati, Wenny Pebrianti

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan pustaka sistematis yang menyelidiki strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan, keterlibatan, dan loyalitas pelanggan. Di lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan akan berusaha mengembangkan strategi pemasaran yang efektif tidak hanya untuk menarik pelanggan baru tetapi juga untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang sudah ada. Dengan melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur yang relevan, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai penelitian yang sudah dilakukan terkait strategi pemasaran yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pembelian ulang, keterlibatan, dan loyalitas. Metode penelitian dilalukan dengan studi pustaka yang melibatkan pencarian dan analisis komprehensif terhadap ratusan artikel jurnal akademik untuk mengekstraksi wawasan mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan, keterlibatan, dan loyalitas pelanggan. Temuan penelitian menunjukkan masih banyak riset gap dan kata kunci yang masih belum diteliti dalam hal peningkatan strategi pemasaran terkait dengan kepuasan, keterlibatan, dan loyalitas pelanggan. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi peneliti, memungkinkan mereka untuk mengembangkan penelitian selanjutnya mengenai strategi pemasaran berbasis bukti yang efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, pembelian ulang, keterlibatan, dan loyalitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.