Analisis Niat Melakukan Pinjaman Studi Pada Anggota CU Bonaventura
Abstract
Credit Union memiliki dua misi utama: misi sosial dan misi ekonomi. Misi ekonominya adalah mencapai status sebagai lembaga keuangan yang stabil dan sehat, sementara misi sosialnya adalah membantu anggotanya meningkatkan kualitas hidup melalui produk keuangan dan pelayanan berkualitas. Dalam rangka mencapai misi ekonomi tersebut, CU Bonaventura perlu menjual dana kepada anggotanya melalui pinjaman dengan proporsi pinjaman yang beredar bersih (E1) antara 70%-80% dari total aset. Namun, minat anggota dalam melakukan pinjaman tidak pernah memenuhi rasio ideal dan cendrung menurun dan ini menjadi tantangan bagi CU Bonaventura. Oleh karena itu, CU perlu mengembangkan strategi pemasaran efektif, termasuk menyediakan fasilitas transaksi digital. Penurunan pendapatan dari bunga bank dan keterbatasan dalam kegiatan pendampingan juga menyulitkan CU Bonaventura. Penting untuk memahami penyebab rasio piutang beredar yang tidak optimal agar CU dapat mempertahankan keberlanjutannya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.