ANALISA FAKTOR MOTIVASI PERAWAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN ORIENTASI PASIEN BARU DI RUMAH SAKIT

Enggar Septhy Arsitha .

Abstract


ciri khas individu saat masuk di lingkungan baru mengalami cemas, timbulnya harapan-harapan yang tidak realistis akibat kurang mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap tentang lingkungan baru. Sehingga perlu ada orientasi pasien baru yang akan memberi dampak pada proses kesembuhan pasien dan citra rumah sakit. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan orientasi pasien baru salah satunya motivasi perawat. Tujuan : menganalisis faktor motivasi perawat yang berhubungan dengan pelaksanaan orientasi pasien baru di RST TK.II Kartika Husada Metode : penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan crosssectional study. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap RST TK. II Kartika Husada Kubu Raya. Populasi pada penelitian in berjumlah 77 perawat. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 43 perawat. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk menilai pelaksanaan orientasi pasien baru dan kuesioner untuk menilai motivasi perawat. Data dianalisis secara univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan Chi-Square. Hasil : Nilai p dari analisis hubungan prestasi, pengakuan, kemajuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab, hubungan interpersonal, supervisi, kebijakan rumah sakit, kondisi kerja dan gaji dengan pelaksanaan orientasi pasien baru terlihat lebih besar dari nilai signifikansi p. Kesimpulan : tidak ada hubungan antara faktor motivasi perawat dengan pelaksanaan orientasi pasien baru dikarenakan observasi hanya dilakukan satu kali pada setiap responden dan kuesioner kurang dispesifikan kearah orientasi pasien baru. Kata kunci : motivasi perawat, orientasi pasien baru

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/tjnpe.v2i1.41902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by :

      

 

Editorial Office/Publisher Address:
Editor Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, School of Nursing, Faculty of Medicine, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia