Aplikasi Promosi Produk Thrift Secara Online Berbasis Mobile
Abstract
Peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran online telah mengubah cara manusia memenuhi kebutuhan mereka. Kehadiran internet dan akses yang mudah memungkinkan orang untuk melakukan transaksi jual-beli secara online dengan lebih luas. Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi internet untuk kegiatan jual beli di masa depan menjadi penting. Salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam pemasaran online adalah thrift shop atau penjualan barang bekas. Namun, kurangnya informasi mengenai produk thrift dan lokasi thrift shop membuat pembeli kesulitan menemukan produk yang diinginkan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi promosi produk thrift secara online berbasis mobile. Aplikasi ini akan menyediakan layanan bagi penjual untuk mempromosikan produk thrift dan bagi pembeli untuk menemukan produk thrift yang mereka inginkan. Selain itu, penelitian ini juga menerapkan sistem promosi berbasis lokasi untuk memungkinkan pembeli menemukan produk thrift berdasarkan lokasi terdekat dari pengguna terhadap lokasi thrift shop. Penelitian ini menggunakan metode haversine formula untuk menentukan jarak terdekat antara pengguna dan lokasi thrift shop. Melalui penelitian ini akan dapat meningkatkan aksesibilitas dan popularitas produk thrift. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa rata-rata tingkat kepuasan terhadap aplikasi adalah 92,5%, hasil persentase ini membuktikan bahwa aplikasi promosi produk thrift secara online berbasis mobile dinilai berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Rafsanjani, R., & Witjaksono, A. P. (2022). User Acceptance Test Terhadap Aplikasi Augmented Reality Quivervision 3D Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai. Informatics For Educators And Professionals, 197–206.
Aziz, E. S. N., & Yanto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Branded Thrift Shop Pontianak. ENTER, 492–503
Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 22–31. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.332
Fazari, A. N., Ramadiani, & Hatta, H. R. (2020). Pencarian Jarak Terdekat Dokter Praktek Menggunakan Metode Haversine. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7–12
Febrian, V., Ramadhan, M. R., Faisal, M., & Saifudin, A. (2020). Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 61–66
Hasdiana, & Fahmi, H. (2018). Aplikasi Pembelajaran Unified Modeling Language Berbasis Computer Assisted Instruction. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 22–29
Hidayati, R., & Mutiah, N. (2022). Penerapan Metode Haversine Formula Pada Pencarian Lokasi Fasilitas Kesehatan Terdekat. Jurnal Media Informatika Budidarma, 278–286
Kosasi, S. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Online Untuk Memperluas Segmentasi Pasar Properti. Jurnal VOI STMIK Tasikmalaya, 31–42.
Latief, R. R., Achmad, A., & Sahibu, S. (2019). Aplikasi Pencarian Ustadz Untuk Wilayah Kota Makassar Menggunakan Algoritma Floyd Warshall Dan Haversine Formula Berbasis Android. SEBATIK, 337–342.
Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwangi, 35–40.
Lusiana, I., & Novitaningtyas, I. (2020). Strategi Promosi Aplikasi Motorku Express Berdasarkan Analisis SWOT: Studi Kasus Pada Astra Motor Kedungsari Magelang. JurnalBisnisman: RisetBisnis Dan Manajemen, 1–14.
Malik, D., & Rosalina, V. (2019). Sistem Pemesanan Makanan Tradisional Berbasis Android Menggunakan Metode Harversine Formula. Jurnal Sistem Informasi, 12–19.
Permatasari, A. S., Ramadhan, S., Firdausy, W. J., & Meidianti, H. L. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Thrift Shop Terhadap Tingkat Konsumsi Fashion di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 94–106.
Prihantoro, D. D., & Wahyuddin, M. I. (2022). Implementasi Algoritma Haversine Formula dan Location Based Service Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Bird Contest Berbasis Android. Jurnal Media Informatika Budidarma, 663–671.
Ramadhani, F., Rushainy, S. R., Mufit, M. I., Erlangga, F., & Nst, M. F. F. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Usaha Thrifting Shop Berbasis Website. Blend Sains Jurnal Teknik, 44–47.
Sukamto & Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek (Revisi (ed.)). Informatika Bandung.
Vianita, R., Sukamto, S., & Perwitasari, A. (2017). Aplikasi Kotak Saran Digital Rumah Sakit Berbasis Android. Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(4), 236–240.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jari.v2i1.68440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.