Aplikasi Mobile Android Adopsi Hewan Peliharaan Dengan Fitur Pencarian Berbasis Location Based Service
Abstract
Banyaknya hewan terlantar tidak lepas dari ketidak mampuan pemilik dalam merawat dan mengurus hewan peliharaannya, hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya penyakit dari hewan, kelahiran baru dari hewan dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan ketidakmampuan dari pemilik dalam segi ekonomi, fasilitas, waktu, maupun ruang dan tempat untuk hewan peliharaannya. Oleh karena beberapa faktor tersebut, banyak pemilik akhirnya melepas adopsi hewan peliharaannya ataupun mengambil jalan pintas untuk membuang hewan peliharaannya. Dengan permasalahan tersebut dibuatlah aplikasi adopsi hewan peliharaan berbasis mobile yang berjalan di sistem operasi android dengan metode geotagging yang diimplementasikan untuk update lokasi secara otomatis dari pengguna aplikasi dan penerapan teknologi location based service dengan pemanfaatan google maps API yang diimplementasikan dalam menemukan rute lokasi. Pada tahap perancangan sistem menggunakan UML (Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequance Diagram dan Class Diagram) serta perancangan user interface dengan menggunakan Figma. Aplikasi dibangun berbasis mobile yang berjalan di sistem operasi android dimana dalam pembuatan ini menggunakan teknik berorientasi objek dengan menggunakan Framework Laravel pada sisi backend dan Framework React Native pada sisi frontend dengan menerapkan metode geotagging dan LBS (location based service). Hasil pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box untuk menguji fungsionalitas sistem dengan menggunakan Postman dan UAT untuk menguji kelayakan aplikasi dengan mendapatkan nilai hasil pengujian yaitu 89,2% yang menunjukkan bahwa Aplikasi Mobile Android Adopsi Hewan Peliharaan Dengan Fitur Pencarian Berbasis Location Based Service sangat memuaskan dan sesuai harapan dari pengguna aplikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. W. W. Dany, “Selama Pandemi, Hewan Telantar Bertambah Banyak,” 16 April 2021. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/metro/2021/04/16/selama-pandemi-hewan-terlantar-bertambah-banyak.
M. T. Vahreza, Perancangan Aplikasi Untuk Adopsi Hewan Peliharaan Berbasis Android, Jambi: Universitas Dinamika Bangsa, 2020.
S. Sadya, “Anjing dan Kucing Jadi Peliharaan Favorit Warga Asia,” 7 November 2022. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/ragam/detail/anjing-dan-kucing-jadi-peliharaan-favorit-warga-asia.
A. H. DP, F. Hartiningtyas, H. Salsabila and M. I. Al-Haswan, “Aplikasi Adopt Me,” JIFTI - Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, 2021.
Z. Nurzaman and E. B. Settiawan, “Implementasi Teknologi Geotagging pada Aplikasi Pertolongan Kecelakaan Lalu Lintas,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 2018.
Taryadi, “Aplikasi Pencarian Tempat Wisata Kuliner di Kota Pekalongan Berbasis Location Based Service dan Geotagging pada Android,” Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 2016.
R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku 1, Yogyakarta: Yogyakarta, 2015.
R. A.S. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2018.
F. Sifauttijani, T. Listyorini and R. Meimaharani, “Pencarian Rumah Makan Berbasis Android,” SIMETRIS - Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. VIII, no. 1, April 2017.
E. B. Siregar and R. Fauzi, “Aplikasi Layanan Jahit Menggunakan Framework React Native,” Computer and Science Industrial Engineering (COMAISE), vol. V, no. 4, pp. 40-50, 2021.
P. Korop, “Matt Stauffer: "Is Laravel Enterprise-Ready?",” 12 June 2018. [Online]. Available: https://laraveldaily.com/post/matt-stauffer-laravel-enterprise-ready. [Accessed 12 Agustus 2021].
A. Nandipati, Assesment of Metadata Associated, s.I.: Institute for Geoinformatics University of Muenster, 2011.
I. M. P. Mertha, V. Simadiputra, E. Setyawan and S. , “Implementasi WebGIS untuk Pemetaan Objek Wisata Kota Jakarta Barat dengan Metode Location Based Service menggunakan Google Maps API,” InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. IV, no. 1, September 2019.
S. Nidhra and J. Dondeti, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literatur Review,” International Journal of Embedded Systems and Aplications (IJESA), vol. II, no. 2, pp. 29-50, June 2012.
Postman, “About Postman,” 2022. [Online]. Available: https://www.postman.com/company/about-postman/. [Accessed 18 August 2022].
W. E. Perry, Effective Methods for Software Testing, Indianapolis: Wiley Publishing, Inc, 2006.
DOI: https://doi.org/10.26418/jari.v2i1.63304
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.