Rancang Bangun System CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Web pada AMGym Pontianak

Dyah Ayu Tri Maywati, Novi Safriadi, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Bisnis merupakan suatu kegiatan organisasi yang bertujuan untuk menghasilkan laba. Selain berfokus pada keuntungan pebisnis juga harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola bisnisnya. AMGym Pontianak adalah usaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan tempat fitness. Dengan banyaknya jumlah member, maka proses pengelolaan data member yang tidak terstruktur dan manual dapat menyebabkan proses kerja admin di AMGym ini kurang optimal. Administrasi member tiap bulan pada jatuh temponya sering terjadi keterlambatan dari tanggal seharusnya, dikarenakan tidak adanya sistem pengingat untuk member seperti pemberitahuan melalui pesan singkat, sehingga menyebabkan laporan keuangan perusahaan menjadi tidak sesuai dengan laporan yang seharusnya. Selain itu terkadang pelanggan terkendala untuk mengetahui informasi terbaru baik itu penawaran ataupun perubahan harga produk layanan. Jika informasi itu tidak dapat diketahui oleh pelanggan maka hasil yang didapatkan pasti tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem CRM yang dapat melakukan otomatisasi pelayanan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan yaitu  (SDLC) Systems Development Life Cycle dengan model Waterfall. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan CRM pada AMGym sebagai media untuk menyimpan data dan menyebarkan informasi kepada member terkait harga promo, masa aktif member serta berbagai informasi dengan menggunakan fitur notifikasi whatsapp.


Keywords


CRM (Customer Relationship Management); Pengolaan data member; Notifikasi Whatsapp

Full Text:

PDF

References


F. Andreani, “Customer Relationship Management (Crm) Dan Aplikasinya Dalam Industri Manufaktur Dan Jasa,” J. Manaj. Pemasar., vol. 2, 2007, doi: 10.33373/dms.v3i2.81.

F. Buttle, Customer relationship management (manajemen hubungan pelanggan). Terjemahan Oleh Arief Subiyanto. Bayumedia Publishing, 2007.

C. W. Utami, Manajemen Ritel: Strategi dan Implmentasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

A. I. Budiarsya, “Pengertian Gym Yang Harus Anda Ketahui,” Akizaku Olahraga, 2021. https://akizakuolahraga.xyz/pengertian-gym/ (accessed Jul. 28, 2022).

N. Hannani, “Pengertian WhatsApp Beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp,” Nesabamedia, 2022. https://www.nesabamedia.com/pengertian-whatsapp/ (accessed Jul. 28, 2022).

H. Erwanto and S. Monalisa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Fitness Berbasis Web dan SMS Gateway pada Rajawali Fitness Pekanbaru,” J. sains,Teknologi dan Ind. sains,Teknologi dan Ind., vol. 14, no. 1, pp. 72–78, 2016.

D. R. S. Putra, I. Wisnubadhra, and Pranowo, “Electronic Customer Relationship Management Untuk Tour and Travel Di Indonesia ( Studi Kasus : Cahaya Community Tour and Travel ),” 2013.

M. A. Fahlevi and Inayatullah, “Rancang Bangun Customer Relationship Management Pusat Kebugaran Berbasis Sms Gateway,” Semin. Nas. Inform., no. 2302–3805, pp. 1–6, 2015.

H. . Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem: Pendekatan Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

bin L. Al-Bahra, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu, 2005.

Z. Akamiyati, Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Online Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY. Yogyakarta : Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

J. Rubin and D. Chisnell, Handbook of Usability Testing, Second Edition: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc, 2008.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Yogyakarta:Andi, 2010.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” 2015.




DOI: https://doi.org/10.26418/jari.v2i1.62251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.