Aplikasi Penentuan Jarak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak
Abstract
Menurut Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, pemerintah telah menerapkan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Masih terdapat beberapa kendala dalam penentuan rute yang dipilih saat proses sistem zonasi. Permasalahan serupa juga muncul dalam proses pendaftaran peserta didik baru di Kota Pontianak, sehingga perlu dikembangkan suatu solusi untuk mendapatkan rute terbaik bagi siswa. Metode penelitian menggunakan metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Penerapan tracking rute dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk memasukkan rute yang sesuai dan relevan dengan keadaan di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan tracking rute dalam proses penentuan jarak dapat memberikan rute alternatif yang memiliki jarak lebih pendek dari rute yang telah ditetapkan oleh panitia penerimaan peserta didik baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Soedijarto, Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: PT. Grasindo, 1991.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau lainnya.” 2018.
M. Mustari, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
O. Moechtar, “Ketentuan Zonasi Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern Pada Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2010 Dalam Aspek Hukum Persaingan Usaha,” Yuridika, vol. 26, 2011.
B. Jonathan, An Introduction to Urban Design. New York: Harper and Row Publishes, 1982.
Peraturan Gubernur Kalimantan Barat, “Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 27 Tahun 2019 tentang PPDB untuk jenjang SMA/SMK dan SLB tahun ajaran 2019,” 2019.
Ratih Fenty A. Bintoro, “Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda,” 2018.
H. Setiawan, M. Sumadyo, and R. T. Handayanto, “Aplikasi Pendaftaran Online Berdasarkan Sistem Zonasi Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus SMK TI Tunas Harapan Bekasi),” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020..
H. C. D. Maulayal Matin, Kamal Fadl-Lu, “Aplikasi Penyimpan Koordinat Lokasi Beserta Rute dan Tracking Map Berbasis Mobile Android,” Fountain Informatics J., vol. 1, no. 2, p. 10, 2016,
Wandah Wibawanto, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif, 2017.
R. A. Sukamto and M. Shalauddin, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obyek), vol. 53, no. 1. Bandung: Modula, 2011.
H. M. Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem: Pendekatan Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
A. B. Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
D. Irmayani, Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2019.
Tim Madcoms, Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula / Tim Madcoms. Yogyakarta: ANDI, 2016.
Wardana S.Hut, Aplikasi Website Profesional dengan PHP. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.
A. Saputra, F. Agustin, and C. A. Solution, Menyelesaikan Website 12 Juta Secara Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.
Agusriandi, Dasar-Dasar Penguasaan Pemrograman WEB. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Anhar S., Panduan Menguasai PHP dan MySQL secara Otodidak. Jakarta, 2010.
Roger S. Pressman, Software Engineering : a practitioner’s approach. New York: McGrawHill, 2010.
DOI: https://doi.org/10.26418/jari.v2i1.61157
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.