Aplikasi Provider SMS Center Sekolah dengan Penerapan SMS Gateway

Eko Murdianto Prakoso, Yus Sholva, Anggi Perwitasari

Abstract


Teknologi informasi sudah merupakan bagian dari kehidupan manusia zaman sekarang ini, diikuti oleh berkembangnya media komunikasi yang beragam dan disesuaikan dengan penggunanya. Keterbatasan sekolah dalam menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang tua atau wali siswa menjadi suatu permasalahan ketika para guru akan mengadakan rapat maupun memberitahu orang tua siswa jika para siswa dipulangkan lebih awal adapun ketika sekolahan ingin mengirimkan informasi pemberitahuan atau undangan kepada orang tua atau wali melalui surat-menyurat masih diragukan untuk sampai ke orang tua atau wali. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membangun SMS gateway sendiri pada sekolah, namun untuk membangun SMS gateway sendiri pada masing-masing sekolah membutuhkan tenaga dan alat atau hardware serta biaya yang tidak murah, dan saat ini belum adanya website provider SMS center yang dapat menjadi wadah tiap sekolah untuk itulah tujuan dilakukan penelitian ini. Perancangan sistem dibangun dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML), untuk pengujian aplikasi dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian dengan metode Black Box dan Skala Likert. Hasil yang didapatkan dari pengujian Black Box adalah sistem dapat bekerja dengan penerapan SMS gateway sesuai yang diharapkan. serta hasil dari pengujian Skala Likert adalah aplikasi dianggap berjalan dengan baik, dengan perolehan nilai responden orang tua sebesar 221, responden operator sebesar 665, dan responden admin sebesar 61.


Keywords


SMS, prototipe, provider, SMS Gateway

Full Text:

PDF

References


T. Achmad, Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Tiga Ebook, 2020.

C. Rossy W, W. H. Utomo, dan T. Wellem, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Layanan Short Messaging Service ( SMS ),” Informatika, vol. 2, no. 2, hal. 155–166, 2006.

H. Murti dan H. Listiyono, “Aplikasi SMS Gateway,” vol. XIV, no. 1, hal. 30–34, 2009.

N. E. Putri, R. Turaina, dan N. Anwar, “Aplikasi Pelaporan Aktivitas Siswa kepada Orang Tua Berbasis Web dan SMS Gateway,” Indones. J. Comput. Sci., hal. 73–83, 2018.

J. McLeod, Raymond, G. P. Schell, A. A. Yulianto, A. R. Fitriati, dan N. Setyaningsih, Sistem Informasi Managemen (Terjemahan), 10 ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

R. Susanto dan A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.34010/miu.v14i1.174.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, hal. 54–61, 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.

R. A. Sukamto dan M. Sallahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2015.

F. D. Silalhi dan I. Koerniawan, “Analisis Dan Implementasi Sms Gateway Sebagai Auto-respon Layanan Informasi Berbasis Store And Forward,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. Vol. 8, no, 2017.

J. L. Whitten, L. D. Bentley, dan K. C. Dittman, Metode Desain dan Analisa Sistem. Yogyakarta: ANDI dan MCGraw-Hill Education, 2007.

I. Mulyani, E. Satria, dan A. D. Supriatna, “Pengembangan Short Message Service (SMS) Gateway Layanan Informasi Akademik di SMK YPPT Garut,” J. Algoritm., vol. 9, no. 2, hal. 389–397, 2013, doi: 10.33364/algoritma/v.9-2.389.

SMS Gateway Me, “Documentation - Messages.” https://smsgateway.me/sms-api-documentation/messages/sending-a-sms-message (diakses 5 Februari 2022).

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill Education, 2014.

Tri Snadhika Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, hal. 45–46, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jari.v2i1.61156

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.