Aplikasi CAI untuk Pembelajaran Logika Informatika
Abstract
Logika Informatika atau yang juga dikenal dengan logika matematika merupakan dasar yang diperlukan untuk mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan ilmu komputer dan informasi. Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura juga memiliki mata kuliah Logika Informatika sebagai salah satu mata kuliah wajib. Computer Assisted Instruction (CAI) adalah media bantu pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran, yang membuat mahasiswa dapat mempelajari materi lewat perangkat komputer. Dalam proses belajar-mengajar Logika Informatika di Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, penyampaian materi masih menggunakan metode konvensional. Penyampaian materi yang dilakukan oleh dosen masih menggunakan media buku panduan dan ceramah di depan kelas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menciptakan alternetif media yang dapat membantu dalam penyampaian materi logika informatika kepada orang-orang terutama mahasiswa yang akan mendalami jurusan informatika, dengan memanfaatkan konsep CAI dengan model tutorial. Pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian alpha dan beta. Pengujian alpha dilakukan dengan metode pengujian black box, sedangkan pengujian beta dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 30 orang mahasiswa semester III dan V Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yang sudah pernah mengambil mata kuliah Logika Informatika. Hasil yang didapat dari pengujian aplikasi menggunakan skala pengukuran Guttman ini mendapatkan nilai persentase rata-rata 88,7%, sehingga aplikasi CAI untuk pembelajaran Logika Informatika ini dirasa telah dapat untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso, Logika Ilmu Menalar, Bandung: Pustaka Grafika, 2011.
Verdi Yasin, Muhammad Zarlis, and Mahyuddin K.M. Nasution, "Menurut BETRAND RUSSEL matematika adalah ilmu yang", Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., Vol. 2 No.2, pp. 70-71, Mei 2018.
Wika Hayuningtias, S.Si, Matematika SMA Superkomplet dan Paling Gampang. PandaMedia, 2014.
Kamdhi, JS., Terampil Berargumentasi, Jakarta: PT Grasindo, 2003.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
N. Sudjana and A. Rivai, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.
Daryanto, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka, 2008.
Wena Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Rusman, Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan. Profesionalisme Guru, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011.
Deni Darmawan, Inovasi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Iwan Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2013.
(2016), Binus University website. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/alpha-testing/
(2016), Binus University website. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/beta-test/
DOI: https://doi.org/10.26418/jari.v1i1.53236
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.