Penerapan Geoxml3 dan Algoritma Binary Search pada Sistem Informasi Geografis Cetak Sawah Provinsi Kalimantan Barat

Muhammad Khairudin, Yus Sholva, Novi Safriadi

Abstract


Sistem Informasi Geografis (SIG) cetak sawah adalah suatu sistem yang mengcapture, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data secara spasial (keruangan). GeoXML3 digunakan untuk memproses data KML menjadi polygon, polyline, dan marker koordinat sehingga dapat diproses melewati batas maksimum google maps javascript API dan algoritma Binary Search digunakan pada saat memvisualisasikan dilakukan pencarian terlebih dahulu terhadap layer apa saja yang sudah divisualisasikan tidak perlu divisualisasikan ulang setiap ada request layer sehingga dapat mengurangi perulangan pemrosesan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem yang mengimplementasikan GeoXML3 dan algoritma Binary Search guna mengurangi perulangan pemrosesan, dapat memudahkan dalam penyeleksian layer, dan mengurangi resource komputer yang besar. Alat dalam perancangan penelitian ini adalah Data Flow Diagram, dengan pengujian menggunakan metode black box, pengujian komparatif dengan metode Mann Whitney U Test menguji jumlah placemark data dengan nilai U-value 4.5 dan uji waktu/kecepatan dengan nilai U-value 7.0, yang berarti setelah menerapkan Geoxml3 dan algoritma binary search terdapat perbedaan yang signifikan pada sistem. Pengujian kuesioner dengan 15 responden yang menghasilkan nilai index 97.33% menggunakan perhitungan skala likert yang berarti responden “SANGAT SETUJU” terhadap penerapan sistem GeoXML3 dan algoritma binary search pada SIG cetak sawah di Provinsi Kalimantan Barat.


Keywords


Sistem Informasi Geografis; GeoXML3; Algoritma Binary Search; Google Maps API

Full Text:

PDF

References


Pamoedji, Andre Kurniawan, Maryuni dan Ridwan Sanjaya. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Gramedia Komputindo, 2017.

Haller dkk, Augmented Reality. Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design.2007.

Kotler, Philip. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia. 2005.

Meredith, G.G. 2000. Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo

Wahadyo, Agus. Android untuk Pengguna Pemula Tablet dan Handphone. Jakarta: Mediakita .2013.

Mauludin, Risqi.Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Pada Manusia Dalam Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2017.

Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 4, No 1 (2018): Volume 4 No 1

Meslilesi, Muhammad Iqbal. 2017. Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus : SMA Negeri 7 Pontianak). Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Dio, Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Lokasi Rekreasi dan Hiburan Keluarga di Pontianak, vol. 7, no. 1, 2019.

B. H. P. M. Raja, Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Pontianak, vol. 1, no. 2.

B. Sidik, User Acceptance Test, Bandung, 2006.

Sulistyorini, Prastuti. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No. 1, STMIK Widya Pratama Pekalongan,

Jazilah, Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Untuk Anak. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus: Museum Kalimantan Barat), Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), Vol 4, 239-245

Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol IV, No 2




DOI: https://doi.org/10.26418/jari.v1i1.53066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.