Increasing Interest and Learning Outcomes in Sociology with the Problem Based Learning Model (PBL) Learning Model for Class X IPS Students at SMA Negeri 1 Kuala Behe
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningrum, E. (2019). The use of Problem Based Learning in Improving Students’ Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 10(1). https://doi.org/10.26418/j-psh.v10i1.33234
Biyanti, A., Lindawati, Y. I., & Hardiansyah, M. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 580–590.
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4. Pustaka Belajar.
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784
Marlina, L., & Sholehun, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas iv sd muhammadiyah majaran kabupaten sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Partiwi, S. U. (2022). Meningkatkan prestasi belajar sosiologi melalui model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 689–703.
Rajab, S. C. W., Imran, I., Ramadhan, I., Ulfah, M., & Hidayah, R. Al. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Problem Based Learning Kelas XI IPS di MA Mujahidin. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2151–2164. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2151-2164.2022
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan metode problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Riani, I. F., Sulaiman, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalam menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Watri, D. (2020). Penggunaan VCD dalam pembelajaran sosiologi dalam upaya meningkatkan minat belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v15i1.76216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by
Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is licensed under CC BY 4.0