KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DI SMP PGRI 2 WATES KABUPATEN BLITAR: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2021). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150–157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Azis, H. N., & Rahmawati, L. E. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Estetik Bahasa Indonesia, 4(1), 55–64.
Cahyaningrum, F., Andayani, & Setiawan, B. (2018). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Kelas di Sekolah Menengah Atas Berlatar Bahasa Jawa. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 71–84.
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202–209.
Handani, Z. T. (2022). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Dampit, Kabupaten Malang: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(16), 1–15.
Hidaya, N. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 1(1), 11–22. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/2793/2628
Isfandani, L. N. (2018). Bahasa Jawa Masyarakat Daerah Perbatasan Jawa Tengah Jawa Barat di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes: Kajian Sosiolinguistik. Sutasoma: Journal of Javanese Literature, 5(2), 1–9.
Khoirurrohman, T., & Anjany, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 362–370.
Magdalena, I., Fauzan, M. I., Damayanti Tantular, L., & Syafitri, H. A. (2021). Analisis Penggunaan Gadget pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Pagi Semanan. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 46–57. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Mahendra, Y., & Apriza, B. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran dan Pergaulan Lingkungan Siswa. JURNAL BASICEDU, 6(1), 700–708. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2017/pdf
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.
Mustikasari, R., & Astuti, C. W. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa pada Siswa TK dan KB di Kelurahan Beduri Ponorogo. Jurnal Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 9(1), 64–74.
Putri, S. N. (2018). Analisis Alih Kode Bahasa Guru dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas Bilingual. Jurnal Kandai, 14(1), 119–130. https://doi.org/10.26499/jk.v14i1.635
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 2232–2237. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/12750
Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2018). The Discourse of Friday Sermon in Indonesia : A Socio-Cultural Aspects and Language Function Studies. Jurnal Komunikasi Islam, 8(2), 217–238. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.2.217-238
Setyawan, B. W. (2019). Fenomena Penggunaan Unggah-Ungguh Basa Jawa Kalangan Siswa SMK di Surakarta. Jurnal Widyaparwa, 46(2), 145–156.
Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018a). Alih Kode dan Campur Kode Tuturan di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Lingtera, 5(1), 1–9.
Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018b). Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode). Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(2), 119–130.
Sudarja, K. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 35–49.
Sulastri, N. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Dwibahasa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal of Classrom Action Research Original, 3(1), 1–6.
Sundoro, B. T., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Pemakaian Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMK (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 24–36.
Wahyuni, A. T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menerapkan Unggah Ungguh Basa dalam Pelajaran Bahasa Jawa Melalui Strategi Pemberian Peran Pada Siswa SMPN 2 Mejayan Kabupaten Madiun. Jurnal Dieksis, 1(2), 40–46.
Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah. Jurnal Kredo, 1(2), 1–13. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2096/1236
Wyn, N., Lisa, N., Sujana, I. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Hubungan Antara Sikap Komunikatif Sebagai Bagian dari Pengembangan Karakter dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 121–128. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15391/9390
DOI: https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by
Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is licensed under CC BY 4.0