PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN IPS DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cha, S. S., & Seo, B. K. (2018). Smartphone Use and Smartphone Addiction in Middle School Students in Korea: Prevalence, Social Networking Service, and Game Use. Health Psychology Open, 5(1). https://doi.org/10.1177/2055102918755046
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482
Darko-Adjei, N. (2019). The Use and Effect of Smartphones in Students’ Learning Activities: Evidence from the University of Ghana, Legon. Library Philosophy and Practice, 2851, 1–37. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac
Handayani, E. S., & Octaviani, J. F. (2021). Penggunaan Smartphone terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19 di SDN 015 Sungai Pinang. Bina Gogik, 8(1), 54–61. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/604/527
Kasmadi, & Sunariah, N. S. (2016). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Salinan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2345/A5/HK.01.04/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kemdikbud. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB%204%20MENTERI%20PANDUAN%20PEMBELAJARAN%20TATAP%20MUKA.pdf
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. https://www.ninikpsmalang.net/download/file/Materi_Kemendikbudristek_-_Penyesuaian_Kebijakan_PTMT_SKB_4_Menteri.pdf
Lestari, L. E., & Effendi, M. (2021). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Penggunaan Smartphone terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen, 4(1), 51–61. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Meigawati, & Nisa, A. N. S. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Smartphone dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas. Harmony, 5(2), 90–102. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
Mu’minah, I. H., & Sugandi, M. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bio Educatio, 6(1), 68–81. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/download/3032/2218
Nasution, J. A., Suhaili, N., & Alizamar. (2017). Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 15–29. https://doi.org/10.29210/02017114
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian , 1(3), 265–276. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/74
Riduwan. (2018). Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta.
Ruziana, Imran, & Salim, I. (2018). Analisis Penggunaan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26785
Sari, P., Warneri, & Ramadhan, I. (2021). Dampak Penggunaan Smartphone Pada Perilaku Sisa Kelas XI Dalam Pembelajaran Sosiologi di MA Al-Ikhlas Kuala Mandor B. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49405
Shakoor, F., Fakhar, A., & Abbas, J. (2021). Impact of Smartphones Usage on the Learning Behaviour and Academic Performance of Students: Empirical Evidence from Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(2). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i2/8902
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by
Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is licensed under CC BY 4.0