PERBEDAAN HASIL BELAJAR KELAS KONTROL DAN KELAS EKSPERIMEN MENGGUNAKAN MEDIA KUIS ADOBE FLASH CS6

Diah Trismi Harjanti, Maria Ulfah, Galuh Sri Rezeki

Abstract


This study aims to determine the differences in learning outcomes of the control class and the experimental class using the Adobe Flash CS6 quiz media. Thel type ofl research usedl is a Quasil Experiment Designl type of Nonequivalentl Control Groupl Design. Data collection techniques used are tests, observations, interviews, and documentation. The data collection instruments in this study were test sheets, observation sheets, guidelines and documentation sheets. The results of this study indicate that there are differences in the learning outcomes of students who are taught using Adobe Flash CS6-based quiz media with students who are not taught using Adobe Flash CS6-based quiz media.


Keywords


Quiz Media; Adobe Flash CS6; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Danarti, D. P & Murtiadi, A & Ekawati, A. R. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Darmawan, D (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Fatoni R (2016). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran KKPI Di SMKN 1 Wonogiri [Skripsi]. Fakultas Teknik Universitas Semarang

Irham, M & Wiyani, N. A (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta :Ar-ruzz Media

Indriani, T & Suyatna, A & Ertikanto, C (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Tipe True/False Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(1). 131-140.

Jawawi (2012). Kompetensi Guru. Bandung : Alfabeta

Nurhayati (2016). Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua [Skripsi].

Nurrita, T .(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. MISYIKAT. 3 (1)

Nofrion, N. (2018). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. INA-Rxiv. DOI : https://doi.org/10.31227/osf.io/kwzjv

Parwita dkk, (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Dengan Teknik Kuis Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Pada Peserta didik SMA. ejournal-pasca.undiksha. 4(1). 5. DOI:10.23887/jpepi.v4i1.1225

Polanda, D & Watrianthos, R & Purnama, I (2017). Perancangan Kuis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Swasta Al-Azis. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu. 5(2). 21-26. https://doi.org/10.36987/informatika.v5i2.726

Rusman, Kurniawan, D & Riyana, C (2015) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sunaryo,A & Peni, H. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dibandingkan Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(3). 963 – 968.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by

Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is licensed under CC BY 4.0