PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 5 PONTIANAK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Hardiansyah, Muhamammad., Ramadhan, Iwan., Suriyanisa., Pratiwi, Beliana., Kusumayanti, Nurita., Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784 ISSN
Ary, Donal, Luchy Cheser Jacobs, A. R. (2011). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barnawi, Junaedi, R. R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Melalui Kegiatan Workshop Improve Teachers ’ Ability in Compiling Classroom Action Research Through Workshop Activities. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 1(2), 1–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Dimyati dan Mordjiono. 2016. Belajar dan pembengajar. Jakarta : Depdikbud dan Reneka Cipta..
gunawan, Lilik Kastiani, L. S. H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 76–77.
Hasibun dan Mordjiono. 2016. Proses belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Imran, dan I. R. (2019). Penilaian dan Pembelajaran Sosiologi Konsep, Implementasi dan contoh. IAIN Pontianak Press.
Irvan Harianto H, E. Y. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pendahuluan Pendidikan dimana merupakan seseorang suatu proses jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air Slameto merumuskan memperoleh pengetahuan secara berkala yang meliputi jenjang pe. DA Dunia Anak, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–14.
Kamim, A. B. M., Amal, I., & Khandiq, M. R. K. (2018). Pemerintah Sebagai Agen Perubahan Sosial Yang Direncanakan : Studi Atas Pembangunan Kemaritiman Daerah Istimewa Yogyakarta. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 2(2), 95–120.
Nana Sudjana. 2013. Proses Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto M. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Nasution. 2014. Metode Penelitian Naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito
Oemar Hamalik. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Sjafrina Almas, Widoyoko Danang, A. L. (2013). Menguras Bumi Merebut Kursi. Indonesia Corruption Watch, 8–10.
Sumartono. (2019). Dinamika Perubahan Sosial Dalam Teori Konflik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, Volume 5(1).
Zainuddin, Z., Dewantara, D., Wati, M., Misbah, M., Suyidno, S., Haryandi, S., Rahmatullah, P., & Munir, M. J. M. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru IPA di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1788
DOI: https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i1.53087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora published by
Sociology Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is licensed under CC BY 4.0