Pengetahuan Hukum, Pemahaman Hukum, Sikap Hukum dan Perilaku Hukum Pengemudi Ojek Online dalam Berlalu Lintas di Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Abstract
Traffic law violations are still carried out by online motorcycle taxi transportation such as Grab, Gojek, Maxim. The purpose of the study was to analyze legal awareness (knowledge, understanding, attitudes and patterns of legal behavior) online motorcycle taxi drivers Grab, Gojek and Maxim in Rappocini District, Makassar City. This type of qualitative research uses a normative-empirical legal approach. The informants in this study consisted of online motorcycle taxi drivers of the types Grab, Gojek, and Maxim, the Head of Traffic Traffic Unit Rappocini and the director of online motorcycle taxis. Determination of this informant using purposive sampling. Data was collected by means of interviews, observation and documentation. The results of the study will show that the legal awareness of online motorcycle taxi drivers Grab, Gojek and Maxim towards traffic regulations in the Rappocini District, Makassar City is still at the stage of legal knowledge and legal understanding, but has not yet reached the stage of legal attitude due to the lack of enforcement of traffic rules. marked by the number of legal violations committed, so that the pattern of legal behavior in online motorcycle taxi drivers traffic Grab, Gojek and Maxim has not been achieved, because legal awareness needs harmony between knowledge, understanding, attitudes and patterns of legal behavior in traffic.
Pelanggaran hukum lalu lintas masih dilakukan oleh transportasi ojek online seperti Grab, Gojek, Maxim. Tujuan penelitian untuk menganalisis kesadaran hukum (pengetahuan, pemahaman, sikap dan pola perilaku hukum) pengemudi ojek online online Grab, Gojek dan Maxim di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan hukum normatif-empiris. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pengemudi ojek online jenis Grab, Gojek, dan Maxim, Kepala Satlantas Rappocini dan direktur dari ojek online. Penentuan informan ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian akan menunjukkan kesadaran hukum dari pengemudi ojek online online Grab, Gojek dan Maxim terhadap peraturan lalu lintas di Kecamatan Rappocini Kota Makassar masih berada pada tahap pengetahuan hukum dan pemahaman hukum, namun belum sampai tahap sikap hukum karena minimnya penegakan aturan dalam berlalu lintas, yang ditandai dengan banyaknya pelanggaran hukum yang dilakukan, sehingga pola perilaku hukum dalam berlalu lintas pengemudi ojek online online Grab, Gojek dan Maxim belum tercapai, karena kesadaran hukum perlu keselarasan antara pengetahuan, pemahaman, sikap dan pola perilaku hukum dalam berlalu lintas.
Full Text:
PDFReferences
Alfian, Y. (2019). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Desa Di Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(3), 43–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31314/pjia.v4i1.126
Casmana, A. R., Dewantara, J. A., Timoera, D. A., Kusmawati, A. P., & Syafrudin, I. (2022). Global citizenship: preparing the younger generation to possess pro-environment behavior, mutual assistance and tolerance awareness through school engagement. Globalisation, Societies and Education, 20(4), 1–18. https://doi.org/10.1080/14767724.2021.2013167
Dewantara, J. A., Sausan, N., Sari, I. F., Tanjungpura, U., Pontianak, K., & Barat, P. K. (2022). Efektivitas Pendidikan Anti Korupsi Untuk Meminimalisir Tindak Pelanggaran Hak Asasi Manusia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2727–2739. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3107
Duwing, L. (2018). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kabupaten Kutai Timur. Ilmu Pemerintahan, 6(2), 959–972. https://doi.org/https://doi.org/10.52239/jar.v7i2.3083
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. In Gava Media. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v3i3.369
Harlie, M. (2010). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pemerintah Kabupaten Tabalong Di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.33747/stiesmg.v11i02.366
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Rajawali Press. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-97-1
Kwan, P., Hardianto, W. T., Setiawan, D., Studi, P., Administrasi, I., & Tunggadewi, U. T. (2013). Kualitas Pelayanan Pada Masyarakat. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 25–28. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.582
Lanak, B. (2021). Peran Perangkat Desa dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Gajahrejo, Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/ct2xh
Panjaitan, E., Dewi, R., & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. Perspektif, 8(1), 32. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2543
Potabuga, J. (2015). Peranan Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik ( Studi di Desa Pontak Kabupaten Minahasa Selatan. Acta Diurna Komunikasi, IV(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.16
Rahmawati, R. (2014). Administrasi Dan Pelayanan Publik Ditinjau Dari Kemaslahatan Umat. Pilar, Vol. 05(No. 2), 92. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v3i3.369
Sugiman. (2018). Pemerintahan Desa. Pemerintahan Desa, Fakultas Hukum Universitas Suryadarma, 7(1), 82–95. https://doi.org/https://doi.org/10.32669/villages.v1i1.13
Timoera, D. A., Casmana, A. R., & Syafruddin, I. (2022). Organisasi Sebagai Bentuk Bela. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(1), 1–11. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v3i1.46129
Triwijaya, A. F., Fajrin, Y. A., & Wibowo, A. P. (2020). Quo Vadis: Pancasila Sebagai Jiwa Hukum Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2), 115. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.41083
Wibawa, S., & Cahya, K. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 218–234. https://doi.org/10.14710/alj.v2i2.218-234
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v3i2.51962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan PKN published by
Pancasila and Citizenship Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.