PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH DI DESA PERAPAKAN KABUPATEN SAMBAS

Hemafitria Hemafitria, Fety Novianty Fety Novianty, Fitriani Fitriani

Abstract


 

Partisipasi politik masyarakat erat dengan demokrasi suatu negara. Dalam demokrasi negara, kedaulatan berada di tangan rakyat, yang pelaksanaannya melalui kegiatan bersama untuk menentukan tujuan-tujuan, serta masa depan dan untuk menentukan orang-orang yang akan memegang pimpinan. Partisipasi politik suatu kegiatan masyarakat dalam memilih pemimpin baik secara langsung atau tidak langsung dan ikut aktif dalam kehidupan politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda. Teknik dalam penelitian data ini observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat menyatakan bahwa wujud Partisipasi politik masyarakat dapat dipakai sebagai ukuran untuk menilai penilaian stabilitas sistem politik kepuasan dan ketidakpuasan warga kepala negara yang rendahnya partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah masyarakat yang aktif menggunakan hak suara nya dalam melaksanakan pemilihan umum umum daerah dan ikut serta dalam kegiatan politik. Faktor mempengaruhi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah adalah faktor kesadaran dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yang tentang pengetahuan masyarakat tentang politik. Upaya Partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah dalam melakukan kegiatan sosialisasi,

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, A. (2015). Perspektif Ilmu Politik. Bilbiografi.

Arniti, N. K. (2020). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol 4 No 2.

Azhar, S. (2019). Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Baubau. Journal of Government and Political Studies, Vol 2 No 2.

Cholisin, M. S., & Nasiwan. (2012). Dasar-dasar Ilmu. Penerbit Ombak.

Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 400–405.

Fatwa, & Nur, A. (2016). Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati Tahun 2013 Didesa Sesulu Kabupaten Penajam Paser Utara. EJournal Ilmu Pemerintahan, Vol 4. No.

Hadari, N. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, vol 2 no 1.

Liando, & M, D. (2014). Pemilu Dan Partisipasi Politik Masyarakat (Studi Pada Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Minahasa tahun 2014. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Vol 3 No.2, 22.

Miriam, B. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka Utama.

Muhaling, A. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilukada Di Kecamatan Siau Barat Selatan Kabupaten Sitaro. Vol 3 No 2.

Rosana. (2016). Negara Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jurnal TAPIs, Vol.12 No.

Sarbani. (2015). Demokratisasi dan Kebebasan Memilih Warga Negara dalam Pemilihan Umum. Jurnal Inovatif, VIII Nomor.

Sucipto. (2014). Budaya Politik Lokal dan Partisipasi Politik Masyarakat di Desa Sumber Sari Kecamatan Sebulu dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014. Jurnal Ilmu Sosial , MAHAKAM, Volume 4, 31–44.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH (pp. 348–362).

Sumantri, D. (2018). Sosialisasi Politik Pasangan Calon Kepala Daerah Oleh Kpu Kabupaten Bekasi Pada Pilkada Tahun 201. Cendikiawan, 1226.

Triwijaya, A. F., Fajrin, Y. A., & Wibowo, A. P. (2020). Quo Vadis: Pancasila Sebagai Jiwa Hukum Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2), 115. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.41083

Viva, J. (2019). Undang- undang Pemilu 2019. Genesis Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.45310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan)



Jurnal Kami Telah Diindeks oleh:

Lihat Statistik Saya

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .