PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

T Heru Nurgiansah, Febri Fajar Pratama, Aulia Solichah Iman Nurchotimah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan belajar. Guru yang profesional harus mampu mengaplikasikan beragam model dan media pembelajaran. Mayoritas siswa menganggap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah yang paling membosankan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat evaluasi tindakan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, literasi.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Kewarganegaraan.

 

ABSTRAK

Class action research is conducted to solve learning problems. Professional teachers must be able to apply various models and learning media. The majority of students consider civic education subjects to be the most tedious. The purpose of this research is to know the successful research of class actions conducted by the teachers of citizenship education. This research uses qualitative methods. Data collection using observations, interviews, documentation, literacy. The results of this research show that the teachers of citizenship education who conduct class action research successfully solve learning problems such as low motivation and student achievement while ensuring that class action research is a concrete solution in the course of learning problems especially in citizenship education subjects.


Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.

Farida Hasan Rahmaibu, Farid Ahmadi, F. D. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

Fidarto, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Berorganisasi di Kelas V SD Negeri 09 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 69–74.

Hodriani. (2015). Pembinaan Sekolah SMK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PKn Melalui PTK dan Publikasi Ilmiah. PPKn Universitas Negeri Medan.

Lukiyah, L. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn ( Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1058

Mardikayasa, I. M., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2015). Penerapan Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Sikap Sosial Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri 29 Pemecutan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204–210. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H. (2020). Build An Attitude of Nationalism Students At SDN 7 Kadipaten With The Method of Discusion In The Subject PPKn. Jurnal Serunai Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP Budi Daya Binjai, 9(1), 1–11.

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1).

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rokanah. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pemberian Tugas Daur Ulang. Jurnal Media Didaktika, 1(1), 31–37.

Sari, H. N. M. (2014). Implementasi Metode Vak (Visual Auditori Kinestetik)

Guna Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Materi Penegakan Ham ( Kelas X Bina Prestasi 2 Di Man 2 Ponorogo Tahun 2013 / 2014). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Subagyo. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(1), 103–107.

Surbakti, K. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick materi sistem pemerintahan pusat. Jurnal Tematik, 7(1), 166–171. file:///C:/Users/7/Downloads/10386-22291-1-SM.pdf

Susanti, E., Dicki, D., Dosen, H., Tarbiyah, F., Uin, K., Syarif, S., & Riau, K. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 151–174.

Suwastana, I. W. (2016). Penerapan pembelajaran melalui model kooperatif numbered heads together siswa kelas V SDN No 1 Tonggolobibi untuk meningkatkan prestasi belajar PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 119–135. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/3281/2324

Syaparuddin, S., Elihami, E., & Enrekang, M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/318-Article Text-621-1-10-20200124-2.pdf

Taufiqillah, T. (2006). Penggunaan Media Gambar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Hang Tuah 11 Sidoarjo. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 1–5.

Yulianingrum, K. (2014). Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan



Jurnal Kami Telah Diindeks oleh:

Lihat Statistik Saya

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .