INOVASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Koko Adya Winata

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menggambarkan inovasi kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) untuk menumbuhkan sikap sosial siswa di era revolusi industri 4.0. Inovasi kebijakan sekolah adalah metode dan metode baru yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki karakter berkualitas dan keterampilan teknologi yang sesuai. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk membuat terobosan dan inovasi dengan cara mengembangkan kurikulum yang menjelaskan secara rinci berkenaan dengan peningkatan karakter siswa, terutama dalam aspek sikap sosial. Dengan pengembangan kurikulum yang termasuk dalam komponen proses belajar mengajar, diharapkan akan ada perubahan perilaku positif pada siswa. Sikap sosial siswa yang baik adalah keberhasilan implementasi proses belajar mengajar dan merupakan indikator keberhasilan implementasi pengembangan kurikulum di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan dokumen sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, inovasi kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan KTSP untuk menumbuhkan sikap sosial siswa melalui; 1) Penataan pola pikir dan tata kelola kurikulum. 2) Pendalaman dan perluasan materi sikap sosial dan 3) Penguatan proses pembelajaran sikap sosial.

Kata kunci: Kebijakan Inovasi Kepala Sekolah, Kurikulum, Sikap Sosial Siswa. Era Revolusioner 4.0


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan





Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.