PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH
Abstract
Spiritual Sikap dan peserta didik saat ini terbukti belum sesuai dengan apa yang menjadi harapan dari program peningkatan pendidikan karakter. Artinya pelaksanaan pendidikan karakter di evaluasi. Tulisan ini hadir untuk menekankan kembali urgensi nilai-nilai kebudayaan sebagai dasar pendidikan karakter di sekolah serta menghadirkan gagasan implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, pembelajaran buku referensi, jurnal serta pengalaman penulis yang dirasakan dalam aktifitasnya di sekolah. Terlihat pendidikan karakter di sekolah belum secara serius menempatkan nilai-nilai budaya sebagai landasannya. Penguatan landasan tersebut diikuti dengan implementasi trilogi lembaga pendidikan dapat menjadi solusi peningkatan hasil pendidikan karakter disekolah.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun, Samawi, Ahmad, Arafiq, Muh., Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik di SD (Studi Lintas Situs Best Practices). Jurnal Sekolah Dasar, 23(2), 139–151.
Ansori, Y. Z. (2019). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.
Brata, I. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), 75588.
Budaya, I. N., Lingkungan, D. A. N., & Haryanto, J. T. (2013).
Implementasi Nilai-Nilai Budaya, Sosial, Dan Lingkungan Pengembangan Desa Wisata Di Provinsi Yogyakarta. Jurnal Kawistara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22146/kawistara.3957
CNN Indonesia. (2021). Ranking Indeks Korupsi Indonesia Merosot, Urutan 102 dari 180.
Fajrussalam, H., & Hasanah, A. (2018). Core Ethical Values of Character Education Based on Sundanese Culture Value. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(3), 15.
https://doi.org/10.31764/ijeca.v1i3.2126
Ghufron, A., Budiningsih, A., & Hidayati. (2017). model pembelajaran yang relevan digunakan untuk penanaman nilai-nilai budaya Yogyakarta adalah model pembelajaran non direktif versi Carl Rogers. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 309–319.
Idrus Ruslan. (2015). Penguatan Ketahanan Budaya Dalam Menghadapi Derasnya Arus Budaya Asing. Jurnal TAPIs, 11(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada satuan Pendidikan Formal. 8–12.
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah, N. R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.
Nugraha, D. (2018). Mengerti Sekolah Dengan Mudah (1st ed.). Deepublish.
Nurhayati, S. R. (2006). Telaah Kritis Terhadap Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 93–104.
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Taufik, T. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 59–65.
Tobroni, dkk. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam. Prenadamedia Group.
Zulhijrah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 118–136.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Jurnal Pendidikan PKN published by
Pancasila and Citizenship Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Tanjungpura University
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.