Bedah Buku Ajar Biologi Kelas XII SMA pada Materi Genetika: Upaya Peningkatan Kompetensi Materi Pada Guru dan Calon Guru Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriliska, N. & Zulyusri. (2021). Meta-analisis Miskonsepsi Buku Teks pada Materi Biologi SMA. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1): 21-31.
Agustina, R., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2016). Analisis Miskonsepsi pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2): 113-118.
Apriani & Yunianto. (2016). Telaah Kesalahan Konsep pada Buku Ajar Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). e-ISSN: 2528-5726
Candramila, W. & Waskito, P. (2021). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Atas tentang Mutasi dalam Materi Genetika. Jurnal Bioeducation, 8(1): 1-7.
Fauzi, A. & Mitalistiani. (2018). Materi Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang Dianggap Sulit oleh Mahasiswa Sarjana Strata I. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2): 73-84.
Hidayat, T. & Kasmiruddin. (2020). Miskonsepsi Materi Genetika tentang Ekspresi Gen. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(1): 59-65.
Irani, NV, Zulyusri, & Darussyamsu, R. (2020). Miskonsepsi Materi Biologi SMA dan Hubungannya dengan Pemahaman Siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi. 3(2): 348-355.
Irnaningtyas (2015). Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nurhayati, N., Wijayanti, R. (2021). Buku Siswa Biologi untuk SMA-MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam Kelas 12 Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Pratiwi, D.A., Maryati, S., Suharno, Suseno, B. (2018). Biologi Kelompok Peminatan Matematika dan Imu-ilmu Alam untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Prescott, A. & Mitchelmore, M.C. (2009). The Impact of Teacher Misconceptions about Projectile Motion on Student Learning. Cosmed Proceedings International Conference on Science and Mathematics Education, 10-12 November 2009 (pp. 46-53).
Roini, C. (2012). Kajian Miskonsepsi Genetika dan Upaya Mengatasinya dengan Pembelajaran Peta Konsep dan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Perangkat Berpendekatan Konsep pada SMA Berkategori Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Malang.
Roini, C. (2013). Analisis Perencanaan Pembelajaran Genetika Berpendekatan Konsep pada Perangkat Pembelajaran Buatan Guru SMA se-Kota Ternate. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Grasindo.
Suranti, T. (2016). Miskonsepsi Materi Genetika dalam Buku Biologi SMA Kelas XII yang ditulis Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulonprogo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v6i1.59262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Tanjungpura, Pontianak
Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406
email: [email protected]
website : lppkm.untan.ac.id
MAPS :
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.