Sosialisasi Computational Thingking Pada Guru MTs Yayasan NW Darul Abror Gunung Rajak Lombok Barat

Rifqi Hammad, Kurniadin Abd Latif, Kartarina Kartarina, Pahrul Irfan, Moch. Syahrir, Andi Sofyan Anas, Ayu Cahyablindar, M. Hidayatullah

Abstract


Computational thinking merupakan kemampuan intelektual yang digunakan dalam menyusun permasalahan serta solusinya, sehingga solusi yang diberikan dapat digunakan secara efektif oleh agen pemroses informasi baik itu manusia maupun komputer. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan konsep Computational thingking dan penerapannya di mata pelajaran. Sosialisasi dan pelatihan ini diberikan kepada guru-guru MTs Yayasan NW Darul Abror Gunung Rajak dengan jumlah peserta kurang lebih 52 orang. Pengabdian ini dilaksanakan menjadi 2 sesi yaitu sesi sosialisasi dan evaluasi. Pada bagian sosialisasi guru-guru diberikan materi tentang gambaran, manfaat dan pentingnya computational thinking untuk diterapkan sejak dini. Pada sesi sosialisasi ini juga para guru juga diberikan materi terkait penerapan computational thinking di berbagai macam mata pelajaran seperti matematika, IPA, IPS dan Bahasa. Pada sesi evaluasi, para guru diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana para guru memahami konsep Computational thinking dan penerapannya dalam mata pelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan bawah para guru sudah cukup memahami konsep Computational thinking dan penerapannya di mata pelajaran. Hal ini terlihat pada hasil evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan kepada para guru. Para guru mampu menjawab tentang computational thinking dan dapat membuat contoh penerapan computational thinking pada matapelajaran yang diajarkannya.

Keywords


Sosialisasi, Computational Thinking, MTs Yayasan NW Darul Abror, Mata Pelajaran

Full Text:

PDF

References


BebrasIndonesia. (2018). Apa Itu Bebras ? Bebras. http://bebras.or.id/v3/apa-itu-bebras/

Jamil, H. . (2017). Visual Computational Thinking Using Patch. ICWL, 10473, 208–214. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 66733-1

Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in The Context Of Computational Thinking. Infinity Journal of Mathematics Education, 8(2), 109–116.

Malik, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. Universitas Pendidikan Indonesia.

Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 7–10.

Rosadi, M. E., Wagino, Alamsyah, N., Rasyidan, M., Yogy, M., & Kurniawan. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk Dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1), 45–54.

Sukamto, T. S., Pertiwi, A., Affandy, Syukur, A., Hafdhoh, N., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. ABDIMASKU, 2(2), 99–107.

Tang, X., Yin, Y., Lin, Q., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing computational thinking: A systematic review of empirical studies. Computers and Education, 148(April), 103798. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103798

Tsai, M., & Tsai, C. (2017). Applying Online Externally Facilitated Regulated Learning and Computational Thinking to Improve Students’ Learning. Universal Accses Online Information, 17(4), 811–820.

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.44516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email[email protected]

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.