Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kader PKK Dalam Penggunaan Aplikasi Komputer Dengan Metode Andragogi RAMP 2 FAME di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru

Reva Ragam santika, Anita Diana

Abstract


Pelatihan Komputer dengan menggunakan metode Andragogi RAMP 2 FAME (Recency, Appropriatenes, Motivation, Primacy, 2 Way Communication, Feedback, Active learning, Multi sense learning dan Exercise) bertujuan untuk memberikan pelatihan komputer Microsoft Word untuk pembuatan proposal dan laporan posyandu dimana metode ini mampu meningkatkan keterlibatan, tanggung jawab selama kegiatan pembelajaran serta umpan balik dari peserta sehingga tutor dapat mengetahui tingkat perubahan yang terjadi pada peserta pelatihan dimulai pada saat sebelum dan saat berlangsung kegiatan belajar. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta kader PKK yang terdiri dari ibu -ibu usia dewasa dan lanjut dari kelurahan Rangkapan Jaya Baru, setelah dilakukan pelatihan selama 6 jam, para kader PKK memiliki kemampuan untuk membuat cover yang menarik, membuat penomoran bab dan sub bab otomotis, penomoran halaman, table of content, table dan formatting table. Dari hasil kuesioner awal diketahui bahwa  kompetensi awal para kader PKK dalam penggunaan aplikasi Microsoft Word untuk pembuatan proposal dan laporan yang sesuai dengan format data posyandu diketahui bahwa  60% kader PKK masih belum bisa  memanfaatkan aplikasi Microsost Word untuk  pembuatan proposal dan laporan sedangkan 40% sudah dapat menggunakan Microsoft Word, setelah selesai pelatihan diperoleh hasil bahwa 50% mengatakan mudah, 30% sedang dan 20% sulit dalam memanfaatkan Micosoft Word sebagai media pembuatan proposal dan laporan yang baik.


Keywords


Pelatihan Komputer, Andragogi, RAMP 2 FAME, Microsoft Word

Full Text:

PDF

References


Depok, P. (2019). Laporan Tahunan Sekr dan Benhr.

Hani, S. (2016). Penerapan Prinsip Ramp 2 Fame Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan Pada Mahasiswa Semester 6 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Umsu. PROSIDING National National Seminar on Accounting and Finance, 393–406.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, CCII(1), 65–70.

Jamun, Y. M. (2019). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Randang Tana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 146–152.

Nugraha, G. (2013). Penerapan Hasil Belajar Komputer Terapan pada Penyelesaian Tugas Mata Kuliah Dietetika Mahasiswa Pendidikan Tata Boga [Universitas Pendidikan Indonesia]. repository.upi.edu

Rahmawati;Andika Rusli. (2017). Pelatihan Dan Pembimbingan Pembuatan Sistem Laporan Keuangan Sederhana Pada Ukm Di Kota Palopo. Jurnal Akuntansi, 3(1), 35–38.

Saladin, A. (2008). Training. Blogspot. http://training-saladin.blogspot.com/2008/08/prinsip-prinsip-andragogy-ramp-2-fame.html

Sulistyanto, H. (2017). Pakom Pelatihan Pengoperasian Komputer Bagi Perangkat Desa Di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. 20(2), 111.

Wanti, L. P., & Tripustikasari, E. (2018). 78 | Jurnal Pendidikan Nonformal Volume 13, No. 2, September 2018. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 13(2), 78–84.

Windarto. (2017). Model Pembelajaran Cooperative Learning On Project Work. Pustaka Pelajar. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/penelitian/1.2 Model Pembelajaran Cooperative Learning on Project Work 2017.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.44334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email[email protected]

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.