Pembinaan Social Media Marketing Untuk Pembuatan Sabun Cuci Piring Pada Masyarakat Perumahan Graha Mas Rw 13 Kelurahan Tanjung Riau Batam

Mesri Silalahi, Sri Zetli, Irene Svinarky

Abstract


Kota Batam merupakan salah satu wilayah yang mempunyai potensi serta kemampuan aktual dalam memberikan kontribusi pada kemajuan ekonomi Nasional maupun daerah sekitarnya. Namun beberapa tahun belakangan ini mengalami kemorosotan ekonomi cukup parah, dimana banyak industri elektronika yang mengalami penyusutan, beberapa diantaranya ada yang sudah tutup dan pindah ke negara tetangga. Sehingga mengakibatkan ribuan pekerja di-PHK. Dengan melihat kondisi perekonomian Batam saat ini, maka perlu adanya suatu upaya dalam menciptakan industri-industri rumah tangga dengan jumlah modal kecil sekaligus dengan memanfaatkan bahan alami yang ada. Sehingga masyarakat Batam dapat mencukupi berbagai kebutuhan dan bahkan nantinya dapat meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu upaya tersebut yaitu menciptakan industri rumah tangga dalam kegaitan membuat sabun cuci piring berbahan dasar alami. Sabun cuci piring dapat dibuat sendiri, dalam pembuatannya tidak memerlukan bahan dan peralatan yang rumit. Untuk proses produksinya juga tidak serumit bila dibandingkan dengan pembuatan sabun pembersih lainnya. Sehingga jika sabun cuci piring dibuat sendiri makan akan dapat menghemat biaya pengeluaran rumah tangga, selain itu jika dikembangkan menjadi usaha rumah tangga maka akan dapat meningkatkan pendapatan. Industri rumah tangga dalam pembuatan sabun cuci piring nantinya akan dipasarkan dengan memanfaatkan social media. Sedangkan pada saat ini terkadang masyarakat kurang memahami bagaimana metode yang tepat dalam memanfaatkan social media untuk memasarkan suatu produk. Oleh karena itu maka diperlukan peran dosen sebagai civitas perguruan tinggi yang memiliki kapasitas keilmuan di bidangnya, sehingga dengan pembuatan sabun cuci piring sebagai industri rumah tangga serta pemanfaatan sosial media dengan metode yang benar untuk memasarkan produk tersebut sehingga dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu menaikkan perekonomian masyarakat.

Keywords


Social Media, Marketing, Sabun cuci piring

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Paramita, V., Kusumayanti, H., Wahyuningsih, Sembiring, M., & Rani, D. E. (2018). Produksi Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Peningkatkan Efektivitas Dan Peluang Wirausaha. METANA, 14(1), 15–18.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 31. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571

Mileva, L., & DH Fauzi, A. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 190–199.

Naryono, E. (2018). Aida Analysis (Attention, Interest, Desire, Action) Toward Advertising Effectiveness As a Basic Online Shop Marketing Strategy in Sukabumi City. Jurnal Ekonomedia, 07(01), 24–34. https://doi.org/10.31219/osf.io/6v72b

Nurdin, A. (2020). Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau Lebih Parah dari Nasional. Www.Liputan6.Com.

Widyasanti, A., Winaya, A. T., & Rosalinda, S. (2019). Pembuatan Sabun Cair Berbahan Baku Minyak Kelapa Putih. Agrointek, 13(2), 132–142.

LPPM. 2016. Panduan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pitera Batam. LPPM UPB Batam.




DOI: https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email: lppkm@untan.ac.id

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.