Penerapan Manajemen Kinerja Berbasis 3C (Communication, Collaboration and Creativity) Dalam Membentuk Karakter Pada Guru Paud dan TK di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Wisata Batu

iqbal robbie, Marsudi Marsudi

Abstract


Perkembangan dunia pendidikan menuntut dinamika yang cepat berkembang dalam berbagai bidang. Guru dituntut mampu mengikuti dan menyesuaikan dengan teknologi yang menciptakan metode pengajaran. Manajemen kinerja mutlak diperlukan oleh para guru PAUD dan TK untuk menghasilkan kualitas, kuantitas dan time lines yang ingin dicapai. Salah satunya melalui proses metode pembelajaran yang mengkolaborasikan teknologi dan siswa untuk cakap dalam menggunakan teknologi tersebut sebagai media belajar dan mampu bekerjasama dengan siswa lain baik secara online maupun offline. Peran guru lebih sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengabdian yang sudah dilakukan, hasilnya adalah pelatihan berjalan dengan baik meski terkendala pandemi, dan peningkatan kreativitas guru dalam menciptakan metode ajar berbasis pendidikan moral.

 


Keywords


manajemen kinerja, pendidikan karakter, guru

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, W. R. (2011). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas (Artikel web).

Basrowi. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

Endang R Winarti. 2005. Usulan Penelitian Tindakan Kelas: Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Media Kartu dan Poster dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SD Sekaran 01 Semarang. Semarang: Unnes.

Marquardt, M. J. (2002), Building the Learning Organization, Palo Alto, CA: Davies-Black

Mulyono, Sugeng dan Kresnaini, Enlik. (2015). Memetakan Perubahan Organisasi dalam Desain Learning Organization pada Usaha Kecil Menengah di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1): 101-118

Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Samir, Alfin dan Larso, Dwi. (2011). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi. 10 (2).

Soleh, Soemirat. (2008). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Thoha, Miftah. (2010). Kepimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Press.

Tinneke, M. Tumbel., Liando, Daud., Rumawas, Wehelmina. (2015). Pengaruh Kepimpinan dan Learning Organization Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. 2(2):24-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.42317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email[email protected]

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.