Workshop Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar di GKKB Pontianak

Lily Thamrin, Suhardi ,, Lusi ,, Tjen Veronica

Abstract


Dalam dunia modern seperti sekarang, belajar bahasa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam hal berkomunikasi. Dengan menguasai bahasa asing maka dapat diartikan menguasai dunia. Salah satu bahasa yang sangat banyak diminati oleh kalangan orang adalah Bahasa Mandarin. Untuk mendorong perkembangan pembelajaran bahasa Mandarin bagi masyarakat pontianak, maka dilakukan Workshop Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar di GKKB Pontianak. Adapun materi pelatihan workshop yang diberikan mencakup pengenalan dasar mengenai Hanyu Pinyin(汉语拼音),  huruf Mandarin(汉字),tata bahasa Mandarin (汉语语法),Kalimat Sederhana(简单的句子)dan Percakapan Bahasa Mandarin (汉语会话). Pembelajaran bahasa Mandarin ini dilakukan dengan metode sosialisasi melalui workshop dengan pemberian materi dasar-dasar bahasa Mandarin dan melakukan praktek berbahasa lisan ( conversation ) yang dilaksanakan setiap hari senin pada bulan September-Oktober 2019. Hasil yang diperoleh dari Workshop Pembelajaran Bahasa Mandarin ini adalah meningkatkan pengetahuan peserta tentang materi dasar bahasa mandarin dan minat pembelajaran bahasa mandarin, serta pengenalan terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UNTAN.

Keywords


Pembelajaran, Bahasa Mandarin, GKKB Pontianak

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2020). KBBI Daring. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Fanina Adji. (2017). Model Materi Ajar Membaca Bahasa Mandarin Berbasis Bahan Otentik. Buletin Al-Turas, 23(2), 287–299. https://doi.org/10.15408/bat.v23i2.6373

Haryanti, S. (2011). Penerapan Sistem Pembelajaran Bahasa Mandarin di Beberapa Sekolah di Indonesia. Lingua Cultura, 5(1), 136–143.

Herliana, M., & Suryadi, M. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Pengajar Pada Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 10(2), 89–105. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.jli.2019.10.2.2124

Jesslyn, J., & Lystia, Z. (2019). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Mandarin Bagi Lulusan Program Studi Sastra Cina Universitas Bunda Mulia Dalam Dunia Industri. Jurnal Bahasa Dan Budaya China, 2(2).

Kamil Malik. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Dengan Metode Tingshuofa Dilengkapi Voice Recognition Dictionary Berbasis Mobile.

Loris, H. (2017). Pengembangan Multimedia Intraktif Pembelajaran Bahasa Mandarin. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 147–156. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8762

Maria, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah: Pendekatan dan Metode Alternatif. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v1i1.25

Susanna, S. I. dan H. S. U. (2013). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Kecakapan Menulis Kosakata di Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Sutami, H. (2012). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2, 212–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17510/paradigma.v2i2.28

Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127–145.




DOI: https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email: lppkm@untan.ac.id

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.