Pengolahan Limbah Ikan Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Tinggi Dengan Sentuhan Teknologi Tepat Guna Mesin Pembuat Tepung Ikan

Redi - Ratiandi, Fitri Imansyah, Neilcy T. Mooniarsih

Abstract


Besarnya potensi perikanan di Kabupaten Mempawah berbanding terbalik dengan taraf hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan, khususnya di daerah Sungai Kunyit. Menurut data-data Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mempawah dan hasil survey di lapangan yang telah dilakukan pada mitra Sumber Alam kelompok nelayan pengolah limbah ikan dan Borneo Arwana (Budidaya ikan keramba), ditemukan bahwa kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: Kelompok nelayan pengolah limbah ikan laut mempunyai sarana dan prasarana penunjang yang sangat terbatas (tidak tersentuh teknologi); Limbah ikan (ikan rucah) hasil tangkapan sebagian besar tidak termanfaatkan atau dibuang sia-sia; (3) Keterbatasan pemahaman dan keterampilan kelompok masyarakat nelayan dalam pengembangan usaha sektor perikanan laut. Solusi yang diajukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat kelompok usaha pengolahan ikan laut maka dilakukan transfer ipteks dan memberikan keterampilan penerapan Teknologi Tepat Guna Mesin Pembuat Tepung Ikan dengan memanfaatkan besarnya potensi limbah ikan yang tersedia. Target luaran dari kegiatan ini adalah: Dengan diberikannya keterampilan pemanfaatan teknologi tepat guna tersebut diharapkan dapat memberikan peluang usaha dengan prospek yang menjanjikan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat meningkat, khususnya kelompok masyarakat yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan dan budidaya ikan.


Keywords


Limbah ikan, masyarakat nelayan, tepung ikan.

Full Text:

PDF

References


Dinas Perikanan Kabupaten Mempawah, 2018, Data Keragaman Pola Pemanfaatan Hasil Perikanan Kabupaten Mempawah.

Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Mempawah, 2018, Data KUBE Fakir Miskin Kabupaten Mempawah.

Ilyas, S. M Saleh dan H. E. Irianto., 1985. Teknologi Pengolahan Tepung Ikan Proding Rapat Teknis Tepung Ikan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian, Jakarta.

Indriyati, S. W., Widiatmini dan S. Prasetyo., 1990. Pembuatan tepung ikan dengan pengering serbaguna. Prosiding Rapat Teknis Tepung Ikan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian, Jakarta.

Kompiang, I.P. dan S. Ilyas. 1983. Silase Ikan : Pengolahan, Pengguna, dan Prospeknya di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian. Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor.

Sungai Kunyit, 2018, Profil Sungai Kunyit.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v3i1.40742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Tanjungpura, Pontianak

Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406

email[email protected]

website : lppkm.untan.ac.id

 

MAPS : 

 

 

View My Stats

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.