Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sharing pengalaman kepada guru dalam mendesain pembelajaran IPA menggunakan model-model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik bermuatan karakter dan merancang media pembelajaran IPA yang inovatif. Peserta pengabdian yaitu guru IPA SMP/MTs yang tergabung dalam MGMP IPA Kota Singkawang. Kegiatan dikemas dalam seminar dengan bentuk ceramah, diskusi dan demonstrasi. Pada awal dan akhir kegiatan peserta diberikan tes yang dikerjakan secara daring. Hasil analisis tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest lebih tinggi dari rata-rata nilai postest. Hasil kegiatan diharapkan dapat (1) menumbuhkan persepsi positif kepada guru IPA dalam mengimplementasi model dan media pembelajaran berbasis saintifik bermuatan karakter dalam pembelajaran ; (2) Menumbuhkan motivasi, kreatifitas dan inovasi guru IPA dalam mengembangkan desain pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Alinawati, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan di Bandung. Jurnal Edutech, Vol.1, No.3, pp. 342-360.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v2i2.33120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Tanjungpura, Pontianak
Jalan Daya Nasional, Pontianak, 78124 Telp/Fax : (0561) 732406
email: [email protected]
website : lppkm.untan.ac.id
MAPS :
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.