Meningkatkan Kemampuan Chesst Pass Melalui Metode Pembelajaran Simulasi

Desy Kamilasari, Domi Librasius K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan chesst pass pada permainan bola basket dengan mengimplementasikan metode pembelajaran simulasi. Penelitian ini menggunakan metode  classroom action research. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik, form penilaian tes kemampuan chest pass sebagai instrumen penelitian dan analisis data dengan deskriptif presentasi. Nilai rata-rata prapenelitian ini adalah 56,24 kemudian dengan melihat nilai tersebut masih dibawah rata – rata maka peneliti bertujuan untuk melanjutkan pada siklus I. pada siklus I peneliti memberikan tindakan berupa metode simulasi dimana metode tersebut diterapkan dalam 3 kali pertemuan sehingga pada evaluasi siklus I memperoleh nilai 63,04. Dengan melihat data tersebut belum melewati KKM yang ditentukan maka peneliti melanjutkan lagi ke siklus II. Di siklus II peneliti mengulang lagi proses kegiatan belajar mengajar dan menggunakan metode simulasi tersebut dengan sebaik mungkin sehingga dilaksanakan Evaluasi pada siklus II dapat diperoleh nilai rata – rata yakni 77,07. Artinya nilai rata-rata  yang sudah melewati KKM yang ditentukan oleh peneliti dan guru mitra yakni 75. Sedangkan nilai yang diperoleh yaitu 77,07. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan psikomotor khususnya chest pass pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aisah, R. P. (2018). THE RELATIONSHIP BETWEEN LEG LENGTH AND CRESCENT KICK SPEED IN PENCAK SILAT SPORT. International Journal of Sports Sciences & Fitness, Vol. 8(Issue 2).

Anugerah, B. (2017). Pengembangan Model Latihan Kombinasi Dribbling, Passing Dan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Di SMP Negeri 2 Kota Malang. Journal of Physical Education and Sports, Vol. 1.

Iqbal Musthofa, S. S. (2018). Pengembangan Model Latihan Transisi Defense To Offense Pada Cabang Olahraga Bola Basket. Indonesia Performance Journal, Vol. 2.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Ilmu Keolahragaan Nasional, Vol. 8.

Munandar, M. A. (2021). Survei Keterampilan Dribbling, Passing dan Shooting Bermain Bola Basket Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola basket Putra SMA Negeri 2 Kota Jambi. Journal of Physical Education Health and Sport, Vol. 2.

Pauweni, M. (2012). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET TAKI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DI KOTA GORONTALO. Journal of Physical Education and Sports, Vol. 1.

Suriatno, A. (2020). Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (Jontak), Vol. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpjk.v2i1.47321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia
E-mail: penjas.khatulistiwa@untan.ac.id 


p-ISSN: 2774-9053 | e-ISSN: 2407-1536

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.