Hubungan Kecepatan Lari Dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok

Rahmad Firdaus, Anton Kurnia Hadisaputro Anton

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan yang dimiliki oleh daya ledak pada otot tungkai dan kecepatan saat lari yang dimiliki peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan bentuk penelitian yaitu study korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan kecepatan lari memiliki hubungan dengan keterampilan lompat jauh didapatkan korelasi rx1y = 0,410. Lebih besar dari rtabel = 0,367. Dan korelasi keterampilan lompat jauh dengan daya ledak otot tungkai mendapatkan haasil korelasi rx2y = 0,626. Lebih besar dari rtabel = 0,367. Serta korelasi dari daya ledak otot tungkai serta kecepatan lari  memiliki kemampuan lompat jauh Rhitung  sebesar 0,641  dengan kategori kuat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dari lompat jauh gaya jongkok dengan kemampuan kecepatan lari dan daya ledak otot tungkai pada peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ketapang.

Full Text:

PDF

References


Arifah, H. L. (2014). PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas V SDN Kabuh I Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Vol. 2.

Arikunto, S. (2006/2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aziz, M. A. (2018). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Vol. 3.

Nur, A. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Rintangan terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 9.

Riduwan. (2004). Dasar – Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Sobarna, A. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran Kids atletik. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol. 10.

Widiyatmoko, F. A. (2017). EVALUATION OF VALUE EDUCATION IMPLEMENTATION IN SPORT LEARNING. JPOS (Journal Power Of Sports), Vol. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpjk.v2i1.47111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia
E-mail: penjas.khatulistiwa@untan.ac.id 


p-ISSN: 2774-9053 | e-ISSN: 2407-1536

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.