Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Media Balon

jumari jumari, Siti Qomariyah

Abstract


Permasalahan yang terdapat pada peserta didik yaitu pada saat melakukan passing bola bawah tidak dapat dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan passing bawah, sampel pada penelitian ini peserta didik di SDN 13 Singkawang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas, objek penelitan ini yaitu guru yang bekerja sama dengan peserta didik kelas V yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa pada siklus I terdapat 64% siswa yang tuntas dengan jumlah 16 siswa dari 25 siswa, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yang menunjukan peningkatan ketuntasan siswa sebesar 92% dengan jumlah 23 siswa dengan nilai rata-rata 76,4 dalam kemampuan teknik passing bawah. Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran kreatif  dengan menambahkan media balon dapat  memberikan dampak positif bagi peserta didik dan meningkatkan motivasi dalam pembelajaran bola voli khususnya passing bawah.  

Full Text:

PDF

References


Faozi, F. dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal, Vol. 1.

Hambali, S. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain Pada Permainan Bola Voli Siswa SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Ilmu Keolahragaan Nasional, Vol. 8.

Nanda Hanief, Y. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Vol. 2.

Olih Solihin, A. (2016). Profil Tingkat Motivasi Siswa Tunarungu Dalam Belajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Olahraga, Vol. 1.

Rahmat, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Olahraga, Vol. 2.

Rajagukguk, T. (2017). MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR GERAK DASAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI BALON. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(4), 556–559. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8141

Setia Lengkana, A. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, Vol. 1.

Wibowo, G. W. (2019a). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA BALON. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.288

Wibowo, G. W. (2019b). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA BALON. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.288

Yustal. (2017). Model Bermain Balon Dalam Permainan Bola Voli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Siswa Kelas VIa SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Educatio, Vol. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpjk.v2i1.47110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/scatter hitam

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia
E-mail: [email protected] 


p-ISSN: 2774-9053 | e-ISSN: 2774-9045

JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.