PENGARUH PART WHOLE METHOD TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik passing bawah pada bola voli siswa SMP Mandiri Pontianak yang belum berkembang, terlihat dari hasil masih banyak siswa yang berada di bawah standar nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Part Whole terhadap teknik dasar passing bawah bola voli pada siswa SMP Mandiri Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan menggunakan pendekatan Pre-eksperimental design dengan One Group Pre-test Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Mandiri Pontianak yang berjumlah 15 siswa. Dan sampel untuk penelitian ini adalah semua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes teknik passing bawah bola voli. Hasilnya Part Whole Methode berpengaruh terhadap teknik dasar underhand passing yang diperoleh thitung (6.806)> ttabel (2,114) dan nilai persentase 14,41%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Part whole Method terhadap teknik dasar passing bawah bola voli siswa SMP Mandiri Pontianak.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Arma. (2000). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bangun, Syahputra Riady. (2011). [online]. Teknik Dasar Bermain Bola Voli. Terdapat di www.kidinglagutul.blogspot.com, diakses 12 Oktober 2018.
Erianti. (2011). Buku Ajar Bola voli. Padang: Sukabina Press.
Fathoni, Abdurrahmat. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Guru, Tim Abdi. (2007). Penjas Orkes. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.
Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIRJEN Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Rosdian, Dini. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2007). Permainan Bola Voli
Berprestasi. Jakarta: PT Musi Perkasa Utama.
Viera, Barbara L dan Fergusson Bonnie Jill. (2004). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widijoto, Heru. (2010). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winbiyanto, Gleggo Cahyo. (2016). Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Servis Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP N 4 Pacitan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Winbiyanto, Gleggo Cahyo. (2016). Pengaruh Metode Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Servis Bawah Bola Voli Pada Ekstrakurikuler Bola Voli di SMP N 4 Pacitan. Yogyakarta: Universitas Neegeri Yogyakarta.
Yuniarti, Nina. (2016). Pengaruh Metode Bagian dan Metode Keseluruhan (Part Method an Whole Method) dalam Pembelajaran Penjas untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra Kelas IV di SLB A. Yaketunis Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. (Terbit)
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpjk.v1i1.43579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA
Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia
E-mail: [email protected]
p-ISSN: 2774-9053 | e-ISSN: 2774-9045
JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA is licensed under a
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.