Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Kelas Eksperimen Berbasis Media Kuis Adobe Flash CS6

Galuh Sri Rezeki, Maria Ulfah, Diah Trismi Harjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Kelas Eksperimen Berbasis Media Kuis Adobe Flash CS6. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Penentuan sampel menggunakan purposive sample dengan memilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar tes, lembar observasi, pedomen dan lembar dokumentasi. Hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan Descriptive Statistic menggunakan aplikasi SPSS 25.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata- rata nilai 79,13 berada diatas KKM yaitu 75.


Full Text:

PDF

References


Danarti, D. P & Murtiadi, A & Ekawati, A. R. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Jawawi (2012). Kompetensi Guru. Bandung : Alfabeta

Kompri (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta :Media Akademi

Kurniawan, H (2020). Pembelajaran Era 4.0, Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter, Keterampilan Abad 21, HOTS, Dan Literasi Dalam Persfektif Merdeka Belajar. Yogyakarta : Media Akademi

Nurhayati (2016). Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua [Skripsi]. Diperoleh dari http://eprints.unm.ac.id/9063/

Nurrita, T .(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. MISYIKAT. 3 (1). 2018 [20 September 2021]

Parwita dkk, (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Dengan Teknik Kuis Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Dengan Kovariabel Motivasi Belajar Pada Peserta didik SMA. ejournal-pasca.undiksha. 4(1). 5. DOI:10.23887/jpepi.v4i1.1225

Santoso, S. F. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Bentuk Kuis Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Jurnal IT-Edu. 1(01). 37-41. Diunduh di https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/10/article/view/17424/15852 [tanggal 17 agustus 2021]

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suhendri, H & Mardalena, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif. 3(2). 105-114. Diunduh dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/117/114

Widada & Wulansari, B (2019). Cara Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Yogyakarta : Penerbit GAVA MEDIA




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/skjpi.v3i1.57376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS

Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura

Email: [email protected]
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat

 

e-ISSN: 2807-761X

p-ISSN: 2807-7601

 

Contact:

HP/WA: 083110402534 (Hadi Wiyono)


SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats