RANCANG BANGUN MEDIA DIGITAL CERITA BERGAMBAR KONSEP KEGIATAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD

Ai Mulyati, Tin Rustini, Asep Rudi Nurjaman

Abstract


Pembelajaran IPS khususnya materi kegiatan ekonomi penting untuk disampaikan kepada siswa namun, media pembelajaranya yang terbatas sehingga siswa tidak tertarik dalam mempelajari materi kegiatan ekonomi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media digital cerita bergambar konsep kegiatan ekonomi pada pembelajaran IPS di SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development dengan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media yang telah dikembangkan, selanjutnya dilakukan proses validasi oleh para ahli yang terdiri dari  ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil uji kelayakan media yang diperoleh dari validasi ahli materi yaitu sebesar 75,00% dengan kategori “Layak”. Hasil uji kelayakan media yang diperoleh dari validasi ahli media yaitu sebesar 97,22% dengan kategori “Sangat layak” dan ahli bahasa yaitu sebesar 91,66 % dengan kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran ini berada pada kategori “Sangat Layak” dimana respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 98,33% sedangkan respon guru mendapatkan persentase sebesar 97,22%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media digital cerita bergambar konsep kegiatan ekonomi untuk kelas IV SD layak digunakan pada pembelajaran IPS di SD.


Full Text:

PDF

References


BPS. (2021). 88,99% Anak 5 Tahun ke atas Mengakses Internet untuk Media Sosial. Diakses dari : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/24/bps-8899-anak-5-tahun-ke-atas-mengakses-internet-untuk-media-sosial

Dewi. N. S. (2020). Mengingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS di SD 8 Metro. Skripsi. Sekolah Sarjana. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Metro.

Ginting, D. Fahmi. Fitri. D. I. Mulyani, Y.S. Ismiyani, N. Sabudu. D. (2021). Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan di Abad ke-21. Malang: Media Nusa Kraetif.

Hamid, A. M., Ramdhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hidayati, N., Setyosari, P. & Seopryanto, Y. (2018). Kompetensi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Sosohum Setingkat SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(4). 291-298.

Janah, N. (2021). Mandiri Belajar Ulangan Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 1. Media.

Jediut, M. DKK. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19 Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.

KPAI. (2020). Hasil Survei Pemenuhan dan Hak Perlidungan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Diskes dari: https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf

Mufida, T. I. (2021). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Roudhatul Huda Kabupaten Madiun. Skripsi. Sekolah Sarjana. Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang

Ningrum, N. S., Julia, J., & Irawati, R. (2017). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051–2060.

Pratama.K,K (2021). Pengembangan media interkatif berbasis android berbantuan inspring dan Websate 2 APK Builder kelas IV Tema Tema 6 di SD/MI. Skripsi. Sekolah Sarjana. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Pratiwi. D. A., Kosilah, Asnawi, Jahja, A. S. & DKK (2021). Konsep Dasar IPS. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rahmat, A.Isa, H. Ismaniar. Arbarini, M. (2021). Model Mitigsi Leraning Loss Era Covid 19 Studi Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Jogyakata: Samudra Biru

Rayanto, Y. H. & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek.Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Richey, R. C. & Klein, J. D. (2014). Handbook of research on educational communications and technology: Fourth edition. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, 1–1005. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5.

Rini, H.S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaraan Buku Cerita Bergambar pada Tema Peduli terhadap Mahluk Hidup Kelas IV SD/MI. Skripsi. Sekolah Sarjana. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968-1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Septian, D. Cari. Sarwanto. (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cyclepada Materi Alat Optik Menggunakan Flashdalam Pembelajaran Ipa Smp Kelas VIII Jurnal Inkuiri.6 (1). 45-60 http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri

Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakart: Prenadameda

Tegeh, I. M. Jampe, I. N. & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v3i1.57097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Licensed By:

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS

Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura

Email: pendidikanips@fkip.untan.ac.id
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat

 

e-ISSN: 2807-761X

p-ISSN: 2807-7601

 

Contact:

HP/WA: 083110402534 (Hadi Wiyono)


SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats