ANALISIS SOAL TES IPS PADA BUKU SISWA KELAS VI DALAM PENGEMBANGAN HOTS DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan abad 21 dimana soal tes diberikan kepada peserta didik harus merujuk pada indikator dimensi HOTS (High Order Thinking Skills) untuk meningkatkan cara berpikir peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan soal tes yang berbasis pada indikator dimensi HOTS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal tes bidang studi IPS ditinjau dari dimensi HOTS pada aspek kognitif dalam buku siswa kelas VI SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu buku siswa kelas VI SD semester I dan II yang terdiri dari 9 tema terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakuka, dapat disimpulkan bahwa soal tes materi IPS pada buku siswa kelas VI SD semester I dn II sudah memuat indikator HOTS aspek kognitif, walaupun masih banyak soal tes yang belum berbasis HOTS. Soal tes materi IPS kelas VI didominasi oleh indikator menganalisis (C4) dengan jumlah 24 butir soal tes sedangkan soal pada indikator mengevaluasi (C5) dengan jumlah 7 butir soal tes dan indikator mencipta (C6) dengan jumlah 4 butir soal tes yang terdapat didalam buku siswa kelas VI SD semester I dan II.
Kata kunci: Analisis Buku, Buku Siswa Kelas VI, Dimensi HOTS, Materi IPS SD
References
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin Burhan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja GrafindoPersada. Jakarta.
Freankell, JR, wallen, NE., & Hyun, HH. (2012) How to Design and Evaluate Research and Education. Edisi Kedelapan. New York: The McGraw-Hill Companies.
Hidayati, Mujinem, & Anwar Senen. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.
Lestari, Anggi. dkk. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Jurnal Pendidikan.
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Windayana, I. W. (2017). Penyusunan Soal High Order Thingking Skills. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada tanggal 5 Juli 2022, dari http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/651/1/MODUL%20PENYUSUNAN%20SOAL%20HOTS_Dit%20PSMA%202017.pdf.
Yuliandini. Nurul. dkk. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6. No. 1
DOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v3i1.57096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Licensed By:
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Email: pendidikanips@fkip.untan.ac.id
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat
e-ISSN: 2807-761X
p-ISSN: 2807-7601
Contact:
HP/WA: 083110402534 (Hadi Wiyono)
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats