PENGKAJIAN MUATAN MATERI TERKAIT GEOPOLITIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SMA: APAKAH MASIH RELEVAN?
Abstract
Tujuan penelitian ini meneliti mengenai pengkajian muatan materi terkait Geopolitik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Tingkat SMA: Apakah Masih Relevan?. Metode penelitian yang diterapkan meliputi, pendekatan yang digunakan dalam penelitian merupakan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan survei dengan purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis atas tanda guna menganalisis dampak yang timbul karena terjadinya suatu hal dan Pengujian hipotesis Mac Nemar change test yang dilakukan guna memastikan ada atau tidaknya perubahan preferensi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dari penelitian ini menyatakan berdasarkan pengujian hipotesis atas tanda didapatkan bahwa hasil perhitungan nilai khai-kuadrat adalah 8,82 dan nilai ini lebih besar daripada nilai khai-kuadrat dalam tabel sebesar 3,841. Sebagai implikasinya, sebaiknya materi terkait mengenai geopolitik tetap direkomendasikan untuk dimasukkan dalam muatan materi pembelajaran IPS di tingkat SMA. Berdasarkan pengujian hipotesis Mac Nemar change test diperoleh bahwa hasil perhitungan nilai khai-kuadrat sebesar 0,167 dan nilai tersebut lebih kecil daripada nilai khai kuadrat dalam tabel 3,841. Sehingga hipotesis nihil dinyatakan diterima, responden berpendapat bahwa kajian muatan materi terkait geopolitik masih relevan dimasukkan pada pelajaran IPS di tingkat SMA. Keterbatasan penelitian belum mencakup detail permasalahan terkait geopolitik, sedangkan kontribusi penelitian terkait dengan keberadaan pendidikan IPS harus dipahami bahwa setiap bangsa dalam rangka mempertahankan eksistensinya dan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasionalnya perlu memiliki pemahaman geopolitik.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA, 1(1), 85-98.
Astawa, I.B.M. 2016. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Pers.
Birsyada, M.I. 2015. Pengembangan Strategi Pembelajaran IPS Sejarah Berbasis Critical Pedagogy Di Sekolah. SEJARAH DAN BUDAYA, 9(2), 200-216.
Endayani, H. 2018. Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD, 2(2), 117-127.
Gray, C.S. dan Sloan, G. 2003. Geopolitics, Geography and Strategy. Great Britain.
Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Happle, L. 2003. The Revival of Geopolitics. Political Geography Quarterly 5.
Hati, S.T. 2018. Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan IPS (Sumber Dan Materi IPS). IJTIMAIYAH, 2(1), 1-15.
Hendrajit, Z., Hendra M.S., dan Safrizal R. 2018. Pergeseran Sentral Geopolitik Internasional Dari Heartland Ke Asia Pasifik: Apa Geopilitic Leverage Indonesia?. Jurnal Populis, 3(6), 721-732.
Hilmi, M.Z. 2017. Implementasi Pendidikan IPS dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 3(2), 164-172.
Kissinger, H. 1979. The White House Years. Boston: Little Brown
Knox, A. 2001. Places and Regions in Global Context. Human Geography.
Mana’a, S., Saneba, B., dan Palimbong, A. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(3), 1-12.
Misnah. 2018. Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Etnopedagogy Ditinjau Dari Prespektif Kurikulum. Jurnal Paedagogia, 7(2), 161-172.
Mustofa, B., dan Saktiyawan, I. 2008. Kamus Lengkap Geografi. Yogyakarta: Panji Pustaka.
Nofiaturrahmah, F. 2015. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk MI yang Menyenangkan. ELEMENTARY, 3(2), 217-235.
Nurcahyo, A. 2010. Konsep dasar IPS. Magetan: Swastika.
Pranoto, & Arief, M. 2014. Geopolitik Ilmunya Ketahanan Nasional. The Global Review Quarterly, November 2014.
Priyono, J., dan Yusgiantoro, P. 2017. Geopolitik, Geostrategi, Geoekonomi. Bogor: Unhan Press.
Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.
Sapriya. 2017. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyowati, R. dan Fimansyah, W. 2018. Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (PIPSI), 3(1), 14-17.
Sriyanto. 2016. Studi Kurikulum Ilmu Sosial (IPS) di Sekolah Dasar di Indonesia, Malaysia dan Hongkong. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 109-127.
Sumaatmadja, N. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Supriyatno, M. 2014. Tentang Ilmu Pertahanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Suradinata, E. 2001. Geopolitik dan Geostrategi dalam Mewujudkan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Ketahanan Nasional, 6(2), 79-97.
Susanto. 2014. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Berwawasan Etika Lingkungan. SEE Expo Internasional Seminar Bandung 18 September 2014.
Tim Dosen Unimed. 2017. IPS Tepadu. Medan: Unimed Press.
Tuathail, Gearoid O. 1998. The Geopolitics Reader. London: Routledge.
Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/skjpi.v2i2.56044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Email: [email protected]
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat
e-ISSN: 2807-761X
p-ISSN: 2807-7601
Contact:
HP/WA: 083110402534 (Hadi Wiyono)
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats