RANCANG BANGUN E-BOOK “KEGIATANKU DALAM MENJAGA LINGKUNGAN ALAMKU” PELAJARAN IPS KELAS V SD
Abstract
Penelitian desain dan pengembangan ini bertujuan: 1) Menghasilkan produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V; 2) Mengetahui kelayakan hasil uji produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V; 3) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap produk e-book untuk mata pelajaran IPS kelas V. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk e-book multimedia yang berbasis flipbook berupa aplikasi sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi interaksi manusia dengan lingkungan alam. Hasil skor penilaian validasi produk pada ahli media sebesar 93,75% (sangat baik), pada ahli materi 95,00% (sangat baik), dan pada ahli bahasa 90,00% (sangat baik). Selanjutnya hasil respon guru dan siswa terhadap e-book secara berurutan 87,50% (sangat baik) dan 87,86% (sangat baik). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa e-book “Kegiatanku dalam Menjaga Lingkungan Alamku” layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i1.48211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Licensed By:
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, FKIP Universitas Tanjungpura
Email: pendidikanips@fkip.untan.ac.id
Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat
e-ISSN: 2807-761X
p-ISSN: 2807-7601
Contact:
HP/WA: 083110402534 (Hadi Wiyono)
SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats