Analisis Kinerja Operasional Pelabuhan Sintete Kabupaten Sambas Kalimantan Barat
Abstract
Pelabuhan Sintete merupakan pelabuhan terbesar kedua yang dikelola PT Pelindo II cabang Pontianak, memiliki kinerja operasional yang tidak teratur sehingga menimbulkan pelayanan yang kurang memuaskan bagi pengguna. Penelitian ini membahas kinerja pemanfaatan fasilitas dan sarana pelabuhan sesuai peraturan Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor HKI 03/2/2/DPJL-11 tanggal 15 Desember 2011, menggunakan metode deskriptif kuantitatif sehingga menghasilkan data primer yaitu WT, AT, ET, Ton/Gang/Hour, BOR, SOR, dan YOR. Dari perhitungan data didapatkan: Pencapaian kinerja waiting time tahun 2016-2021 baik, kurang dari 1 jam. Pencapaian kinerja approach time tahun 2016-2021 baik, kurang dari 5 jam. Pencapaian kinerja ET/BT tahun 2016 dan 2021 kurang baik, dibawah 70% sedangkan pencapaian kinerja tahun 2017-2020 baik, diatas 70%. Pencapaian kinerja T/G/H tahun 2016-2021 tidak baik, standar kinerja kurang dari 25%. Pencapaian kinerja berth occupancy ratio tahun 2016 dan 2021 baik dengan nilai kinerja kurang dari 70% sedangkan pencapaian kinerja tahun 2017-2020 tidak baik , diatas 70%. Nilai kinerja yard occupancy ratio dari tahun 2016-2021 terdapat 1 tahun yang kurang baik, lebih dari 65% yaitu tahun 2019. Hal ini dapat teratasi apabila ada penambahan peralatan untuk bongkar muat supaya terjadinya kelancaran angkutan bongkar muat di pelabuhan sintete.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jelast.v11i1.77215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id