ANALISIS OPERASIONAL TAXI ONLINE DI KOTA PONTIANAK

Rhabia Vindi Aulia, Heri Azwansyah, Siti Nurlaily Kadarini

Abstract


Munculnya transportasi online melahirkan beberapa pergerakan baru selama ini, termasuk di Kota Pontianak. Operasional taxi online meliputi kegiatan yang menghasilkan pergerakan yaitu kegiatan ekonomi, sosial, pendidikan, hiburan dan rekreasi, serta kegiatan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna dan pengendara taxi online, Memetakan pola pergerakan masyarakat dalam penggunaan taxi online, serta mengetahui kualitas pelayanan taxi online di Kota Pontianak. Pendekatan penelitian yang digunakan kuantitatif dengan analisis distribusi frekuensi dan skala likert. Penelitian ini melibatkan 204 responden pengguna taxi online dan 204 pengendara taxi online, dengan total keseluruhan yaitu 408 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan data berdasarkan kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Hasil yang diperoleh mengidentifikasi karakteristik pengguna yang berhubungan dengan pola pergerakan layanan taxi online. Dari hasil mengidentifikasi pengguna taxi online dapat disimpulkan bahwa sebagian besar tujuan mengarah ke permukiman penduduk, sedangkan pengendara dengan asal di pinggir jalan. Kualitas pelayanan taxi online dari identifikasi ini yaitu pelayanan yang baik, keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan penampilan taxi online dinilai hampir mendekati puas. Sedangkan layanan cepat, tanggap, dan komunikasi yang baik dinilai puas.
Kata Kunci : operasional, pola pergerakan, taxi online, asal tujuan, Kota Pontianak




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v10i3.70147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]