STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM SEPADANG HILL DI KABUPATEN BENGKAYANG

Urai OktaJumnur Ilahi, Erni Yuniarti, Meta Indah Fitriani

Abstract


Sepadang Hill merupakan objek wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang letaknya di Desa Wisata Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung. Sepadang Hill sebagai salah satu objek wisata memiliki pesona alam yang menjadi daya tarik tersendiri, dengan view dan berbagai atraksi wisata yang ada dalam objek wisata Sepadang Hill. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan Sepadang Hill dengan sasaran mengidentifikasi potensi daya tarik wisata dan menganalisis faktor internal dan eksternal di Sepadang Hill. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan teknik analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis Sepadang Hill memiliki potensi dari keberagaman atraksi wisata, aksesibilitas yang baik, dan fasilitas yang cukup memadai. Selain itu terdapat permasalahan seperti adanya fasilitas yang rusak dan kurangnya fasilitas kebersihan. Strategi yang didapat dari hasil analisis matriks grand strategy objek wisata Sepadang Hill ada pada kuadran I dengan rekomendasi strategi SO yang memprioritaskan penguatan promosi dan branding wisata dengan sosial media online, pengagendaan event atau kegiatan untuk menarik wisatawan, peningkatan kualitas fasilitas penunjang wisata, dan penguatan sumber daya manusia.

Kata kunci: Sepadang Hill, SWOT, strategi pengembangan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v10i3.66357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]