ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN IMAM BONJOL – ADISUCIPTO DAN JALAN TANJUNG RAYA II TERHADAP RENCANA BEROPERASINYA JEMBATAN PARALEL KAPUAS 1 DI KOTA PONTIANAK
Abstract
Aktivitas lalu lintas pada Jalan Imam Bonjol, Jalan Adisucipto dan Jalan Tanjung Raya II sering terjadi kemacetan. Berdasarkan masalah tersebut Pemerintah Kota Pontianak dalam RTWT Tahun 2013-2033 merencanakan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas 1 untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi. Analisis kinerja jaringan jalan Imam Bonjol – Adisucipto dan jalan Tanjung Raya II dilakukan dengan metode MKJI 1997 dan simulasi software VISUM. Hasil dari kinerja jaringan jalan kondisi eksisting memiliki tingkat pelayanan jalan E dengan DS rata-rata 0,99 dan kecepatan rata-rata 15,39 km/jam serta kinerja jaringan jalan kondisi Jembatan Paralel Kapuas 1 sudah beroperasi (2024) pada Skenario 1 dan 2 yakni untuk tingkat pelayanan jalan E dengan DS rata-rata 0,91 dan 0,88 serta kecepatan rata-rata 16,33 km/jam dan 16,94 km/jam. Dilakukan solusi penanganan pada skenario 1 dan 2 dengan cara menambah kapasitas pada jalan Imam Bonjol dan Jalan Adisucipto dan Jalan Tanjung Raya II, didapat hasil analisis kinerja jaringan jalan pada Skenario 1 dengan tingkat pelayanan C nilai DS rata-rata 0,69 dan kecepatan rata-rata 20,38 km/jam, sedangkan Skenario 2 tingkat pelayanan jalan C dengan DS rata-rata 0,67 dan kecepatan rata-rata 20,70 km/jam. Dari hasil tersebut didapat skenario dengan tingkat pelayanan terbaik adalah Skenario 2.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jelast.v10i1.62059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id