PENGARUH PEMBANGUNAN DAN BEROPERASINYA TERMINAL KIJING PELABUHAN PONTIANAK TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SUI DURI – BATAS KOTA MEMPAWAH
Abstract
Salah satu proyek strategis nasional di Kalimantan Barat adalah pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak. Pembangunan terminal dengan kapasitas besar ini berpotensi menimbulkan dampak terhadap kinerja lalu lintas ruas Jalan Sui. Duri – Batas Kota Mempawah. Kinerja lalu lintas terhadap ruas jalan dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Survei lalu lintas merujuk kepada Pedoman Survei Pencacahan Lalu Lintas oleh Direktorat Jenderal Bina Marga (2004), dengan menggunakan klasifikasi kendaraan menurut MKJI (1997). Analisis dampak terhadap ruas jalan di sekitar Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak menggunakan metode analisis bangkitan perjalanan. Dalam analisis bangkitan perjalanan kendaraan barang, pelabuhan yang dipilih sebagai pembanding adalah di Terminal Dwikora Pelabuhan Pontianak. Tahapan analisis terdiri dari analisis volume lalu lintas, kecepatan arus bebas, kapasitas ruas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan tingkat kinerja ruas jalan. Analisis pada kondisi eksisting tahun 2021 menghasilkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,46 dan tingkat pelayanan jalan yaitu LOS C. Pada masa konstruksi tahun 2021 diperoleh nilai DS sebesar 0,56 dan tingkat pelayanan jalan yaitu LOS C. Pada masa operasional tahun 2025 saat beroperasinya kawasan tersebut nilai DS meningkat menjadi 1,27 yang melebihi batas maksimum DS > 0,75 dengan tingkat pelayanan LOS F. Pada masa proyeksi 5 tahun setelah beroperasi tahun 2030 diperoleh nilai DS sebesar 1,43 dan tingkat pelayanan menjadi LOS F. Persentase pertambahan volume lalu lintas akibat bangkitan pergerakan yang ditimbulkan oleh kendaraan berat yaitu klasifikasi Kendaraan Berat Menengah (MHV) dan Truk Besar (LT) pada masa konstruksi sebesar 4,89% yang memberikan pengaruh 23,06% dari total arus keluar masuk kendaraan. Pada masa operasional sebesar 54,5% dari total arus lalu lintas pada ruas Jalan Sui. Duri – Batas Kota Mempawah serta memberikan pengaruh 43,3% dari total arus keluar masuk kendaraan di kawasan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak pada masa operasional tahun 2025.
Kata Kunci: Bangkitan, Dampak, Kinerja Lalu Lintas, MKJI 1997, Terminal Kijing.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jelast.v9i1.52885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id