KAJIAN SISTEM ANTRIAN PADA FERRY PENYEBERANGAN SIANTAN
Abstract
Permasalahan pelayanan operasional Penyeberangan Ferry Siantan adalah tingginya antrian kendaraan. Penelitian ini mengkaji sistem antrian dan menentukan alternatif pelayanan pada Penyeberangan Ferry Siantan. Metode survei yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung ke lapangan. Berdasarkan data survei Turn Round Time kapal 20 menit. Rata-rata kedatangan kendaraan hasil survei selama 4 hari (21,25,26, dan 27 Oktober 2019), untuk jalur kanan 211,83 kend/jam, 204 kend/jam, 190,5 kend/jam, 171,16 kend/jam dan jalur kiri 21,83 kend/jam, 16,33 kend/jam, 23,33 kend/jam, 13,16 kend/jam. Pada perhitungan data survei sistem antrian tidak berada dalam kondisi steady-state karena syarat 𝜌 < 1 tidak terpenuhi. Untuk menangani antrian tersebut digunakan metode merubah waktu pelayanan Turn Round Time menjadi 18 menit. Hasil metode ini pada waktu antrian tersibuk jalur motor dan mobil yaitu tingkat menganggur server 6,4% dan 6%, utilitas tingkat pelayanan yaitu 93,6% dan 94%, rata-rata kendaraan diantrian yaitu 14 kendaraan dan 15 kendaraan, rata-rata kendaraan dalam sistem yaitu 15 kendaraan dan 16 kendaraan, rata-rata waktu kendaraan menunggu dalam antrian 3,3 menit dan 28 menit, rata-rata waktu kendaraan dalam antrian 3,52 menit dan 30 menit. Dengan meminimalkan Turn Round Time, waktu rit kapal pun akan semakin cepat dan berdampak pada kecepatan waktu mengangkut kendaraan. Kata Kunci: antrian penumpang, ferry penyeberangan siantan, teori antrian
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jelast.v8i1.45606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penerbit:
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
E-mail: [email protected]