Paparan media sosial terhadap perilaku pemberian ASI ekslusif di kota Pontianak

Arina Nurfianti, Murtilita Murtilita

Abstract


Latar Belakang: Media sosial dianggap sangat efektif dalam mensosialisasikan program kerja pemerintah, maupun menyampaikan informasi yang dapat mengubah persepsi dan perilaku masyarakat. Indonesia saat ini memiliki persentase bayi yang disusui ekslusif sampai 6 bulan hanya 15,3% sehingga berisiko pada kerawanan status gizi dan imunitas. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional study pada 35 orang responden di Kota Pontianak. Instrument penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas yang sahih. Hasil: Analisis data Spearman menunjukkan adanya pengaruh paparan media sosial terhadap perilaku menyusui ASI ekslusif ibu di Kota Pontianak. Kesimpulan: Media sosial mempengaruhi persepsi individu sehingga berdampak pada perilaku menyusui yang efektif oleh ibu kepada bayinya. Paparan informasi dari media sosial sebagai bentuk dukungan tidak langsung kepada ibu berpengaruh pada perilaku ibu dalam memberikan ASI ekslusif.


Keywords


media sosial;menyusui;ekslusif

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2010. 2010. diambil pada tanggal 24 Juni 2013 dari www.litbang.depkes.go.id/...riskesdas2010/Laporan_riskesdas_2010.pdf.

Depkes RI. Strategi Nasional PP-ASI. 2008. Diambil pada tanggal 24 Juni 2013 melalui www.gizi.depkes.go.id/kebijakangizi/.../stranas%20final.doc.

Morisset, Aubert-Jacquin C, Soulaines P., Moneret-Vautrin DA., Dupont C. A nonhydrolyzed, fermented milk formula reduces digestive and respiratory events in infants at high risk of allergy. European Journal of Clinical Nutrition. 2011;

,175–83.

Chandra, RK. Food hypersensitivity and allergic diseases. European Journal of Clinical Nutrition; 2002, 56, Suppl 3,

S54–6. Memorial University of Newfoundland, Janeway Child Health Centre, St John’s, Newfoundland, Canada

UNICEF. Breastfeeding Saves More Lives Than Any Other Preventive Intervention. 2014. http://unicef.org/nutrition/index_24824.html.

Evans, D. Social Media Marketing An Hour A Day, Wiley Publishing, Inc:Canada. 2008.

Kelana, DK. Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta:

Trans InfoMedia. 2011.

Zhang, Y.; Carlton, E.; Fein, S. The Association of Prenatal Media Marketing Exposure Recall with Breastfeeding Intentions, Initiation, and Duration. J Hum Lact 2013; 29, 500-9.

Matias SL., Nommsen-Rivers LA., Dewey KG. (2012). Determinants of Exclusive Breastfeeding in a Cohort of Primiparous Periurban Peruvian Mothers. J Hum Lact 2012; 28: 45.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurkeswa.v1i2.43001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Khatulistiwa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.